SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

BP Batam Tegaskan Tidak Ada Kenaikan Tarif Air

  • Reporter:
  • Selasa, 15 Mei 2018 | 13:27
  • Dibaca : 156 kali
BP Batam Tegaskan Tidak Ada Kenaikan Tarif Air
Warga membayar tagihan ATB di konter pelayanan. Foto Teguh Prihatna.

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam menyatakan tidak ada kenaikan tarif air yang diberlakukan oleh PT Adhya Tirta Batam (ATB) selaku perusahaan pengelola air bersih di Kota Batam. Hanya saja sebanyak 15 ribu pelanggan mengalami perubahan golongan dari sebelumnya golongan rumah tangga A menjadi golongan rumah tangga B.

Kepala Bidang Pengelolaan Air BP Batam, Tutu Witular mengatakan perubahan golongan tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh ATB. Dimana ada beberapa kriteria yang menjadi dasar dilakukannya perubahan golongan pelanggan tersebut. Diantaranya adalah daya listrik di atas 10 ampere, luas bangunan lebih dari 120 meter persegi, harga jual di atas Rp129 juta dan rumah terletak di jalan lebih dari 6 meter.

“Kriteria tersebut bukan dari BP Batam yang menentukan, melainkan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” kata Tutu di kantornya, Senin (14/5/2018).

Namun, ditegaskannya bahwa jika dari empat kriteria tersebut ada satu yang belum terpenuhi maka tidak akan ada perubahan golongan. Berdasarkan hasil survei ada sekitar 15 ribu pelanggan yang akan berubah golongan tersebut, tahapannya saat ini ATB masih melakukan sosialisasi kepada pelanggan yang akan dinaikan penggolongannya. Itu sebabnya pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik menyikapi hal tersebut.

Tutu juga menjelaskan 15 ribu pelanggan tersebut tersebar di seluruh wilayah Batam, seperti Sekupang, Batam Centre, Batuaji. Jika dipresentasikan dari seluruh pelanggan ATB saat ini diperkirakan hanya sekitar 5 persen yang akan mengalami perbuhan golongan. Itu sebebanya dikatakannya bahwa tidak semua pelanggan akan mengalami kenaikan tagihan airnya yang akan mulai berlaku di Mei untuk tagihan Juni mendatang.

“Jadi yang dipahami adalah tidak ada kenaikan tarif, yang ada reklasifikasi golongan. Dari rumah tangga A ke rumah tangga B,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com