SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BP Batam Terus Lobi Kementerian PUPR, Pembangunan Jalan Tol Batuampar-Hang Nadim

  • Reporter:
  • Rabu, 8 Agustus 2018 | 13:06
  • Dibaca : 331 kali
BP Batam Terus Lobi Kementerian PUPR, Pembangunan Jalan Tol Batuampar-Hang Nadim
Ilustrasi. Foto Teguh Prihatna.

BATAM KOTA – Badan Pengusahaan (BP) Batam masih terus melobi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan (PUPR) terkait rencana proyek pembangunan infrastruktur jalan tol Batuampar-Mukakuning-Bandara Hang Nadim sepanjang 25 kilometer. Masuk dalam proyek strategis nasional diharapkan bisa segera terealisasi pembangunan jalan bebas hambatan tersebut.

Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Lainya BP Batam, Eko Budi Soepriyanto mengatakan, ada dua proyek infrastruktur yang sudah diajukan kepada pemerintah pusat. Di antaranya adalah jalan tol Batuampar-Mukakuning-Bandara Hang Nadim dan jalan layang (flyover) Simpang Kepri Mall yang sudah diajukan sejak tahun 2016 lalu. Proyek infrastruktur ini sangat penting untuk mengatisipasi kemacetan di Batam.

“Kami sudah mengajukan. Saat ini BP Batam masih terus berkoodinasi dengan pusat, khusunya Kementerian PUPR,” ujarnya, Selasa (7/8).

Jalan tol Batuampar-Mukakuning-Bandara Hang Nadim masuk dalam proyek strategis nasional sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018. Namun demikian tidak mesti harus dimulai pada tahun ini, karena itu pihaknya masih berupaya agar rencana pembangunan bisa segera dilakukan.

Menurut dia, banyak rencana pembangunan infrastruktur yang masuk dalam proyek strategi nasional, sehingga bukan Batam saja yang menjadi perhatian pemerintah. Hanya saja memang jika proyek tersebut sudah masuk dalam proyek strategis tentu akan menjadi prioritas dibandingkan dengan proyek lainnya yang tidak masuk. Sehingga itu membuat BP Batam perlu terus berkoodinasi dengan pusat.

“Sekarang tinggal pembicaraan di Kementerian PUPR untuk menindaklanjutinya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada titik terangnya,” katanya.

Terkait dengan rencana pembangunan Light Rail Transit (LRT), sambungnya, dalam master plan yang dirancang BP Batam ke depan transportasi masal tersebut nantinya juga akan dibangun. Hanya saja saat ini belum bisa menjelaskan secara detail seperti apa kombinasi dengan pembangunan jalan tol tersebut.

Sedangkan pengajuan pembangunan jalan tol Batuampar-Mukakuning-Bandara Hang Nadim bersadarkan kajian tim teknis dilakukan bersama dengan Pemko Batam. Termasuk juga pembangunan flyover Simpang Kepri Mall. Eko mengaku anggaran BP Batam saat ini masih belum final dan tengah dibahas di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Kalau pengajuan sudah dilakukan, tapi realisasinya kita masih menunggu. Sejauh ini saya belum mendapatkan informasi dari Kementerian PUPR,” jelasnya.

Dalam laman Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) disebutkan bahwa Jalan Tol Batuampar-Mukakuning-Bandara Hang Nadim masuk dalam 227 proyek strategis nasional. Dengan total anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp7 triliun, status proyek tersebut saat ini masih dalam tahap persiapan pelelangan. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com