SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Award Tiap Provinsi

  • Reporter:
  • Rabu, 26 Juli 2017 | 13:33
  • Dibaca : 567 kali
BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Award Tiap Provinsi
Kepala Divisi Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjan Cotta Sembiring menjawab pertanyaan peserta sosialisasi.

SINDOBATAM- BPJS Ketenagakerjaan bakal memberi penghargaan (Award) kepada pemerintah daerah dan pengusaha di seluruh provinsi. Program bernama penghargaan Paritrana ini diluncurkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK), 20 Juni lalu.

Kepala Divisi Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cotta Sembiring mengatakan, Paritrana diambil dari Bahasa Sanskerta yang berarti Perlindungan.

“Penghargaan kepada provinsi, kota dan kabupaten, perusahaan, serta pengusaha UKM ini dianugerahkan bagi mereka yang mengutamakan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada para pekerjanya”, ujar cotta dalam sosialisasi di Hotel Planet Holiday, Rabu (26/7/2017).

Cotta mengatakan, dukungan kandidat untuk meningkatkan kesadaran dan citra positif penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan, baik melalui regulasi ataupun edukasi kepada pengusaha dan pekerja, tentu memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kepesertaan.

Pemerintah mengambil inisiatif memberikan penghargaan Paritrana ini kepada mereka yang berkontribusi positif kepada jaminan sosial ketenagakerjaan pada 4 program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKm), dan Jaminan Pensiun (JP).

“Penilaian bagi Pemerintah di daerah ini dilihat berdasarkan beberapa kriteria, antara lain regulasi, inisiatif, dan kepesertaan di wilayah operasional Pemda setempat, baik kepesertaan Penerima Upah (PU), maupun Bukan Penerima Upah (BPU)”, terangnya.

Regulasi yang dimaksud dalam kriteria ini, adalah produk hukum yang diterbitkan pemerintah daerah dalam mendukung pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah operasionalnya. Sementara penilaian dari inisiatif Pemerintah Daerah dimaksud, adalah bagaimana peran dan inisiatif pemerintah dalam penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Pelaksanaan sosialisasi di regional Batam, mengundang 10 provinsi di sekitarnya. Di antaranya, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepri, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung, juga dihadiri perwakilan dari Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut, Sumbar Riau dan Sumbagsel.

Periode penilaian dimulai 1 Juni-31 Oktober 2017 dan akan dipilih 3 terbaik masing-masing dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, serta perusahaan besar/menengah. Penghargaan untuk UMKM akan diberikan kepada 34 UMKM terbaik dari masing-masing provinsi.

Penghargaan Paritrana akan diserahkan langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 5 Desember 2017, sebagai bagian dari rangkaian ulang tahun BPJS Ketenagakerjaan ke 40.

“Semoga dengan adanya penghargaan ini akan lebih memotivasi stakeholder terkait untuk mendorong peningkatan perlindungan pekerja secara lebih optimal,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com