SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BPJS Tenagakerjaan  Sosialisasikan Program ke Pengusaha Mikro

  • Reporter:
  • Senin, 5 November 2018 | 11:10
  • Dibaca : 76 kali
BPJS Tenagakerjaan  Sosialisasikan Program ke Pengusaha Mikro
ilustrasi

KARIMUN – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Pembantu Tanjungbalai Karimun terus menyosialisasikan pentingnya program jaminan sosial ketenagakerjaan yang diwajibkan pemerintah kepada seluruh pelaku usaha dalam negeri.

Hal itu menyusul temuan dan data pihak BPJS Ketenagakerjaan Karimun terkait banyaknya pelaku usaha mikro yang tak mendaftarkan karyawannya dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Penata Madya Pemasaran, Keuangan dan TI Kantor BPJS Capem Tanjungbalai Karimun Andy Syahputra mengatakan, saat ini kesadaran pemilik perusahaan untuk memberikan karyawannya fasiltas BPJS Ketenagakerjaan sudah cukup tinggi. Namun, hal tersebut masih minim terjadi terhadap pelaku usaha mikro.

“Untuk perusahaan sudah cukup tinggi kesadaran, namun pelaku usaha mikro yang masih minum, karena baru sebagian saja yang telah terdaftar,” kata Andy, kemarin.

Ia mengatakan, banyaknya karyawan yang tidak diberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan didominasi oleh usaha mikro seperti pertokoan, swalayan dan perhotelan.

Dalam upaya memberikan penyadaran kepada para pelaku usaha mikro tersebut, BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan pemberitahuan berupa surat yang berisikan ajakan penerapan BJPS Ketenagakerjaan kepada pegawainya.

“Kita sudah berikan surat pemberitahuan, kita berharap kesadaran pelaku usaha mikro ini bisa meningkat lagi,” katanya.

Menurutnya apabila surat pemberitahuan tersebut tidak direspon, pihaknya dapat memberikan surat peringatan kepada pelaku usaha. Bahkan bisa memberikan rekomendasi kepada instansi terkait untuk mencabut izin usaha.

“Kita juga ingatkan kepada karyawan perusahaan untuk dapat meminta kepada pelaku usaha fasilitas BPJS Ketenagakerjaan ini. Ini hak mereka, dan apabila ada penolakan, silakan dilaporkan ke kita,” katanya.

Ia mengimbau pemilik perusahaan untuk segera mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu bertujuan untuk meringankan beban perusahaan jika suatu saat ada kecelakaan kerja pada karyawannya.

“Segeralah daftarkan, ini juga meringankan mereka jika sewaktu-waktu karyawannya mengalami kecelakaan saat bekerja, jadi mereka tidak perlu mengeluarkan uang dadakan untuk pengobatan karyawannya,” kata dia.

ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com