SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BPN Terbitkan 18.000 Sertifikat Tanah

  • Reporter:
  • Rabu, 6 November 2019 | 10:53
  • Dibaca : 93 kali
BPN Terbitkan 18.000 Sertifikat Tanah
Kepala BPN Karimun Jemmy berbincang dengan Bupati Karimun Aunur Rafiq, beberapa waktu lalu. /ERNIS HUTABARAT

KARIMUN – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Karimun berhasil melakukan pencapaian kerja yang ditergetkan oleh pemerintah pusat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Tahun ini pihaknya telah melakukan pemetaan 25.000 bidang tanah. Dari jumlah itu, pihaknya telah menerbitkan sertifikat sebanyak 18.000. Terhitung pada bulan September 2019, BPN juga telah menyerahkan 600 sertifikat tanah melalui program PTSL.

Kepala BPN Karimun Jemmy mengatakan, angka tersebut terbilang meningkat jika di banding pada tahun 2018 lalu dari target yang dialokasikan Pemerintah Pusat melalui program PTSL.

“Sejak 2017, BPN Karimun telah menyerahkan sertfikat tanah melalui program PTSL sebanyak 6.500, kemudian pada 2018 sebanyak 9.000 sertifikat dan tahun ini sebanyak 18.000 sertifikat dari 25.000 pemetaan bidang tanah,” kata Jemmy, Selasa (5/11).

Dia menambahkan, program PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

“Kalau pendaftaran PTSL untuk tahun ini, terhitung bulan November 2019 sudah tutup,” katanya.

Namun dia menambahkan agar masyarakat Kabupaten Karimun tidak merasa khawatir terhadap pendaftaran PTSL, karena di tahun 2020 program tersebut akan dibuka kembali.

“Ini sudah menjadi agenda Kementerian,” katanya.

Dia menyebutkan, pihaknya masih menemukan beberapa kendala dalam proses saat pendataan di lapangan. Banyak ditemukan saat melakukan proses, pemilik tanah tidak berada di wilayah Karimun.

“Ada juga yang berada di tempat, namun tidak mau tanahnya diberi sertifikat, jadi macam-macamlah,” katanya.

ernis hutabarat

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com