SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bubuk Abate Gratis, Tak Diperjual Belikan

  • Reporter:
  • Sabtu, 20 Oktober 2018 | 11:11
  • Dibaca : 75 kali
Bubuk Abate Gratis, Tak Diperjual Belikan
ilustrasi

BINTAN – Belakangan ini rumah warga di beberapa daerah di Bintan sering didatangi pedagang yang mengaku oknum kesehatan. Mereka menawarkan bubuk abate yang dapat mencegah demam berdarah dan mencegah perkembangbiakan nyamuk di area pemukiman.

Para petugas gadungan yang mengaku dari puskesmas ini menjajakan kemasan saset bubuk abate dengan harga Rp100 ribu. Banyak pula warga diwajibkan membeli produk tersebut, dengan alasan sebagai ‘Program Abateisasi Lingkungan’.

Padahal, bubuk abate sering diberikan secara cuma-cuma kepada warga Bintan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan. Akibatnya, Hal ini pun, menjadi keluhan warga karena, oknum-oknum yang mengaku dari bidang kesehatan sama saja melakukan penipuan kepada warga.

“Saya tidak beli karena mahal, tapi kalau mereka datang ke rumah warga lain, pasti ada juga yang tertipu, padahal itu kan biasanya dibagikan gratis,” ujar Ana, salah seorang warga Teluk Sasah, Bintan, Jumat (19/10).

Kepala Puskesmas Teluk Sasah Kurniawan yang dikonfirmasi terkait hal itu menegaskan, bubuk abate selama ini diberikan kepada warga secara gratis. Ia pun mengimbau supaya warga tidak mudah percaya dengan petugas gadungan yang menjual bubuk abate seharga Rp100 ribu tersebut.

“Jangan percaya, apalagi kalau mereka mengaku dari puskesmas dan meminta uang saat membagikan bubuk abate,” ujar Kurniawan,

Senada dengan hal itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Bintan Yosei Susanti menegaskan selama ini Dinkes Bintan tak pernah menjual bubuk abate kepada masyarakat.

“Selama ini gratis tak pakai bayaran. Itu jelas bukan petugas kami,” tuturnya.

novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com