SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bukopin Incar Dana Rights Issue Rp2 Triliun

  • Reporter:
  • Rabu, 4 April 2018 | 15:36
  • Dibaca : 319 kali
Bukopin Incar Dana Rights Issue Rp2 Triliun

JAKARTA – PT Bank Bukopin Tbk (Bank Bukopin) berencana akan melakukan rights issue atau hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) pada Juni 2018.

Dana yang diincar dari penerbitan saham baru tersebut mencapai Rp2 triliun. “Sekarang proses masih berjalan. Dari perusahaan un der – writing juga sedang melakukan penjajakan,” kata Direktur Uta – ma Bank Bukopin Eko Rach – mansyah Gindo saat konferensi pers Corporate Business Strategic 2018 di Jakarta, kemarin. Eko berharap dana hasil rights issue ini dapat men d ukung ekspansi bisnis Bank Bu – ko pin sehingga menyebabkan rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) bisa di atas 14%. Dia mengatakan, dalam pro – ses rights issue ini sudah ada beberapa peminat dan standby buyer yang melirik saham Bu ko – pin. Namun, pihaknya enggan menyebutkan entitas itu. “Pro – ses rights issue diharapkan selesai pada pertengahan tahun ini,” ujar dia.

Di sisi lain, kata Eko, Bank Bu kopin menyiapkan tujuh stra tegi bisnis untuk memacu per tum buhan kinerja pada tahun 2018. Ketujuh strategi tersebut adalah peluncuran layanan Flexy Bill, pe ning – katan pe nyaluran pembiayaan pro per ti, memacu promosi kar tu kredit, mem per kuat si – ner gi pem biayaan ken da raan ber mo tor, tabungan digital Wokee, program kredit per so – nal, dan BNV Labs. Eko pun optimistis tujuh strategi tersebut akan bisa me – ningkatkan daya saing Bank Bu – kopin dalam menghadapi kom – pe tisi di era perbankan digital dan iklim bisnis perbankan yang telah memasuki era maturity .

“Salah satu program an da – lan kami adalah Flexy Bill. Ini me rupakan fasilitas pem bia – yaan tagihan listrik yang di be – rikan kepada pelanggan PLN yang memenuhi persyaratan sesuai analisis kelayakan bank dan PLN sebagai Beneficiary (Penerima) pembayaran ta gih – an listrik tersebut,” katanya. Adapun untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan pro perti, dia menuturkan, per – se roan terus meningkatkan ker – ja sama dengan penge m bang tahun ini. Dalam hal ini, Bank Bukopin telah bekerja sama dengan 93 developer, baik untuk segmen perorangan mau pun per usahaan.

Direktur Bank Bukopin Adhi Brahmantya menambahkan, secara umum fokus bisnis per – seroan tahun 2018 ini akan di – arahkan pada 8 poin. Pertama, komposisi penyaluran kredit pada segmen debitur ritel de – ngan ATMR rendah. Kedua, ting kat kualitas aset yang sehat melalui penyempurnaan proses bisnis dan independensi proses analisis risiko dan kelayakan kredit disertai percepatan pe – nanganan kredit bermasalah. Ketiga, komposisi sumber dana lebih kuat pada segmen me ne – ngah guna mencapai customer base yang sehat.

“Keempat, pemasaran pro – duk, baik kredit, dana, maupun layanan/fee based yang lebih seimbang dan profitable mela – lui kerja sama mitra strategis mau pun upaya bundling,” ung – kap dia. Kelima, penguatan per mo – dal an serta eksplorasi atas sumber dana masyarakat yang ber – sifat nonkonvensional. Ke – enam, peningkatan kualitas pelayanan melalui simplifikasi pro ses bisnis maupun pengemba ngan perbankan digital. Ketujuh, laba yang terus me nin g – kat secara “sustainable” dan “predictable”. Kedelapan, rasiorasio keuangan yang semakin baik dan kompetitif.

Kunthi fahmar sandy

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com