SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bupati Minta MUI Tertibkan Produk Halal Ilegal

  • Reporter:
  • Rabu, 2 Januari 2019 | 13:06
  • Dibaca : 67 kali
Bupati Minta MUI Tertibkan Produk Halal Ilegal
Bupati Karimun Aunur Rafiq. / Dok KORAN SINDO BATAM

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafik meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karimun untuk melakukan pengecekkan terhadap banyaknya label halal yang tertempel di warung-warung di Kabupaten Karimun.

Pernyataan itu disampaikan Rafiq ketika menghadiri pelantikan MUI tingkat kecamatan se Kabupaten Karimun di Gedung Nasional Kabupaten Karimun, Senin (31/12) kemarin.

“Banyak warung yang berada di kecamatan-kecamatan memiliki sertifikat halal. Kita tidak tau siapa yang mengeluarkan. Ini perlu penertiban yang baik,” kata Rafiq.

Permintaan Bupati Karimun itu mendapatkan respon yang baik dari Wakil Ketua MUI Kabupaten Karimun Jamzuri, Ia mengatakan memang cukup banyak warung makanan yang diduga memasang label halal secara sepihak. Namun untuk penertibannya, pihakmya harus berkoordinasi bersama instansi keamanan.

“Penertiban dilakukan oleh pihak keamanan seperti kepolisian, namun tetap berkoordinasi dengan MUI,” katanya.

Menurutnya, di Kabupaten Karimun sendiri hanya sekitar belasan pelaku usaha saja yang telah memiliki sertifikat halal dari MUI. Hal itu dikarenakan banyak pelaku usaha yang terkendala biaya dan waktu dalam pengurusan sertifikasi MUI.

“Kawan-kawan pelaku usaha biasanya terkendala biaya dan waktu. Karena pengurusannya ke MUI Provinsi bukan di Karimun,” katanya.

Sementara terkait pelantikan, Ketua MUI Kabupaten Karimun Kholif Ihda Rifai mengatakan pelantikan dilakukan terhadap sembilan dari 12 pengurus MUI tiga kecamatan. “Tiga pengurus MUI tingkat kecamatan lain akan dibentuk pada tahun depan,” katanya.

Kholif menjelaskan, selain mewadahi ormas-ormas islam, mendidik dan membina umat serta memberikan standar penyimpangan suatu ajaran agama islam, MUI merupakan satu-satunya lembaga pemberi fatwa berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia yang dapat memberikan sertifikat halal.

“Fungsinya mewakili umat islam. Akidah yang diperjuangkan ahli sunnah waljamaah terkait aqidah. MUI memiliki komisi-komisi untuk mengawal kehidupan beragama amar makruf nahi mungkar,” kata Kholif. ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com