SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Bupati Minta Prioritaskan Putera Daerah

  • Reporter:
  • Kamis, 3 Januari 2019 | 12:14
  • Dibaca : 182 kali
Bupati Minta Prioritaskan Putera Daerah
Bupati Bintan Apri Sujadi. /Dok SINDO BATAM.

BINTAN – Bupati Bintan Apri Sujadi meminta Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bintan memprioritaskan dan mengoptimalkan potensi putera daerah dalam mengisi lapangan kerja di Kabupaten Bintan. Permintaan tersebut disampaikan setelah Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) dirubah. Di mana Disnaker pisah dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bintan.

“Tahun 2015, setidaknya ada 8 perusahaan besar yang tutup sehingga terjadi kebutuhan lapangan kerja di masyarakat. Tahun 2019, kewenangan tenaga kerja sudah beralih ke Kabupaten Bintan, pemerintah provinsi Kepri hanya bertugas dalam hal pengawasan. Target kita, Disnaker Bintan nanti mampu membangkitkan kembali untuk penyerapan sektor tenaga kerja yang dibutuhkan masyarakat,” katanya, kemarin.

Apri juga meminta Disnaker untuk menggelar pelatihan kepada putera dan puteri daerah agar siap bersaing dengan tenaga kerja dari daerah lain. Selain itu, pelatihan juga sangat diperlukan untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kualitas tenaga kerja Kabupaten Bintan.

“Program pertama, kita minta agar Disnaker mampu membuat program pelatihan kerja khususnya bagi putra-putri Bintan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Bintan Hasfarizal Handra menambahkan hingga akhir tahun 2018, ada sekitar 35 ribu tenaga kerja di Kabupaten Bintan. Sementara untuk serapan tenaga kerja lokal sekitar 11 ribu. Jumlah serapan tersebut, meningkat dari tahun 2017 sekitar 9 ribu tenaga kerja lokal.

“Tahun 2018 serapan tenaga kerja masih lebih tinggi dibandingkan tahun 2017. Tapi masih di bawah tahun 2016 dengan 15 ribu tenaga kerja lokal,” ujarnya. novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com