SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Butuh 38.199 Anggota untuk 5.457 TPS di Kepri

  • Reporter:
  • Jumat, 8 Maret 2019 | 14:13
  • Dibaca : 113 kali
Butuh 38.199 Anggota untuk 5.457 TPS di Kepri
ilustrasi

BATAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri membuka pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). KPU Kepri membutuhkan sebanyak 38.199 anggota KPPS yang akan bertugas di 5.457 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Kepri.

Anggota Komisioner KPU Provinsi Kepri Divisi Hukum Widiyono Agung Sulityo mengatakan, KPU Kepri membuka pendaftaran perekrutan anggota KPPS yang memenuhi kualifikasi untuk menjadi penyelenggara pemilu dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. “Syarat untuk menjadi anggota KPPS adalah warga negara Indonesia, berusia minimal 17 tahun, setia kepada Pancasila dan UU 1945,” kata Widiyono, Kamis (7/3).

Ia menjelaskan, pendaftar juga wajib mempunyai integritas jujur, kuat, dan adil. Selain itu, tidak menjadi anggota partai politik dengan menyerahkan surat sah bahwa selama lima tahun tidak pernah menjadi anggota partai. “Pendidikan minimal SMA sederajat, dan tidak pernah dipindana maupun mengkonsumsi narkoba,” ujarnya.

Calon anggota KPPS juga tidak pernah dijatuhi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU/KIP kabupaten/kota atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dan belum pernah menjabat dua kali dalam jabatan yang sama sebagai anggota PPK, PPS dan KPPS. “Selain itu, calon KPPS yang direkrut tidak ada ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu, serta tidak menjadi tim kampanye peserta pemilu,” katanya.

Widiyono menuturkan, persyaratan terakhir adalah, calon anggota KPPS mampu secara jasmani dan rohani untuk menjadi anggota, dan diutamakan berasal dari daerah TPS setempat. “Kelengkapan dokumen pendaftaran dalam dua rangkap, dan diantar langsung ke sekretariat PPS dikantor desa/kelurahan masing-masing,” katanya.

Ia mengatakan, dokumen pendaftaran diantar paling lambat pada pertengahan Maret 2019, berdasarkan kesepakatan waktu disetiap daerah. Hal itu dilakukan untuk mensukseskan pemilu 2019 yang digear pada 17 April mendatang. “Ayo segera libatkan diri untuk menjadi penyelenggara pemilu di alamat TPS anda masing-masing,” ujar Widiyono.

Widiyono berharap, pendaftaran anggota KPPS ini dibuka untuk KPU kab/kota di tujuh daerah se Kepri, dan kelompok penyelenggara ini akan ditempatkan di TPS sebanyak 7 orang. “Ini merupakan salah satu tahapan Pemilu 2019, dan kami segera merekrut anggota KPPS diseluruh Kepri,” katanya. romi kurniawan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com