SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Cabul, Ilham Divonis 5 Tahun 6 Bulan Penjara

  • Reporter:
  • Rabu, 19 September 2018 | 10:39
  • Dibaca : 96 kali
Cabul, Ilham Divonis 5 Tahun 6 Bulan Penjara
ilustrasi

PINANG – Muhammad Ilham divonis majelis hakim dengan hukuman penjara selama 5 tahun 6 bulan dalam sidang di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Selasa (18/9/2018). Ilham terbukti bersalah mencabuli AF (17) beberapa kali.

Sidang yang dipimpin Hakim Ketua Jhonson Freddy Esron Sirait, didampingi Hakim Anggota Iriaty Khairul Ummah dan Hendah Karmila Dewi menyatakan, Ilham secara sah dan menyakinkan bersalah. Ilham melanggar Pasal 81 ayat (2) UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU Nomor 01 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UURI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Menjadi UU Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

“Mengadili terdakwa dengan hukuman 5 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp50 juta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan hukumam penjara selama 3 bulan,” kata Jhonson membacakan putusannya.

Jhonson menuturkan, perbuatan terdakwa dengan sengaja melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan, atau membujuk anak melakukan persetubuhan dengannya, yang dilakukan secara berlanjut. Selain itu, masa tahanan yang telah dijalani dikurangkan seluruhanya dengan amar putasannya.

“Terdakwa tetap berada di dalam tahanan dan membayar biaya persidangan,” kata Jhonson.

Mendengar putusan itu, Annur Syafuddin selaku penahaset hukum Ilham langsung menerima putusannya. Dia berpesan kepada kliennya setelah bebas dari masa hukumannya tidak mengulangi perbuatan serupa.

“Setelah kita diskusikan (putusannya), klien menerima hukumannya,” ujar Annur.

Sementara jaksa penuntut umum Ramdhani juga menerima putusan mejelis hakim. Sebab, antara putusan dan tuntutannya hanya berkurang sedikit. Ramdhani menuntut terdakwa selama 6 tahun penjara dan denda Rp50 juta subsider 6 bulan penjara.

“Langsung terima karena putusannya hanya berkurang sedikit,” ujar Ramdhani.

Seperti diketahui, Ilham menyetubuhi korban beberapa kali sejak awal Januari sampai dengan Februari 2018. Ilham mengajak korban berhubungan intim di semak-semak Pulau Dompak Tanjungpinang, Kilometer 18 Kabupaten Bintan, dan di Wisma Hanaria Kilometer 12 Tanjungpinang.

Berdasarkan surat visum yang di tandatangani oleh dr Wilson Surya Lesmana di Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib berkesimpulan, hasil pemeriksaan terhadap AF ditemukan selaput dara tampak robek lama arah jarum jam tujuh, pada arah jarum jam dua belas, dan pada arah jarum jam dua.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com