SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Caleg Menang Terancam Didiskualifikasi

  • Reporter:
  • Senin, 29 April 2019 | 09:39
  • Dibaca : 490 kali
Caleg Menang Terancam Didiskualifikasi
ilustrasi

PINANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang masih menunggu laporan dana akhir kampanye peserta Pemilu 2019 hingga 1 Mei mendatang. Apabila sampai batas akhir dana kampanye tidak dilaporkan, maka calon legislatif (caleg) parpol bersangkutan yang lolos akan didiskualifikasi dari kepesertaan pemilu.

Komisioner KPU Tanjungpinang Andri Yudi mengatakan, pihaknya telah memberitahukan kepada semua parpol dan pengurus parpol agar segera melaporkan dana akhir kampanye per tanggal 24 April lalu. Selain memberitahukan secara resmi, KPU juga menginformasikan langsung kepada pengurus parpol masing-masing untuk segera memberikan laporannya ke kantor KPU Tanjungpinang. “Besok (hari ini) rencananya ada beberapa parpol yang sudah konfirmasi untuk melaporkan dana kampanyenya,” kata Andri di Kantor KPU Tanjungpinang, Minggu (28/4).

Andri menjelaskan, laporan dana kampanye ini salah satu aturan yang harus diikuti para peserta pemilu. Konsekwensinya kalau tak melaporkan dana kampanye akan didiskualifiakasi dari peserta. Dia menegaskan laporan paling lambat ditunggu sampai 1 Mei mendatang, karena pada 2 Mei KPU akan menyerahkan laporan itu ke konsultan akunting untuk mengauditnya. “Kalau tidak laporkan dana akhir, bagi caleg partai yang lolos parlemen akan didiskualifikasi. Ini kan wajib, kalau tak dilaporkan tidak ada toleransi sama sekali,” ujarnya.

Terkait untuk tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor 01 dan nomor urut 02, kata dia, laporan akhir dana kampannya diserahkan langsung ke KPU RI. Sementara untuk DPD dan DPR RI laporanya ke KPU provinsi. Dia berharap agar parpol segera menyampaikan laporan dananya sebelum batas waktu yang ditetapkan. “Lebih cepat lebik baik untuk segera melaporkannya. Kita mengajak bagi para parpol untuk segera melaporkannya,” kata Andri.

Di tempat sama, Komisioner KPU Tanjungpinang Yusuf Mahidin menambahkan untuk proses rekapitulasi hasil pemungutan suara masih berlangsung dua panitia pemilihan kecamatan (PPK) Bukit Bestari dan Tanjungpinang Timur. Sementara untuk PPK Tanjungpinang Barat baru selesai rekapitulasi. “Mudah-mudahan yang dua PPK lagi segera menyelesaikannya dengan baik, karena awal Mei akan dilaksanakan rekapitulasi tingkat kota,” katanya.

muhammad bunga ashab

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com