SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Calo TKI Ilegal Dituntut 3 Tahun Penjara

  • Reporter:
  • Jumat, 28 April 2017 | 13:21
  • Dibaca : 607 kali
Calo TKI Ilegal Dituntut 3 Tahun Penjara
Foto Aini Lestari.

BATAM KOTA – Nazaruddin, terdakwa kasus pidana penempatan tenaga kerja di luar negeri dituntut dengan hukuman penjara selama 3 tahun dalam persidangan di Pengadilan Negeri Batam, Kamis (27/4). Ia dituntut dengan hukuman tersebut seteleh berperan sebagai calo TKI ilegal yang hendak mempekerjakan korbannya ke Malaysia.

Pria berkumis ini hanya mampu terdiam saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yan Elhas membacakan amar tuntutan. “Terdakwa juga dituntut dengan denda sebesar Rp200 juta, subsider 6 bulan penjara,” kata JPU Yan.

Mendengar tuntutan tersebut, Nazaruddin yang dalam persidangan tidak didampingi oleh penasehat hukum mengaku akan menyampaikan permohonan secara tertulis. Untuk itu, majelis hakim Syahrial, Yona Lamerosa dan Muhammad Chandra memberikan waktu satu minggu ke depan.

Nazaruddin diamankan di Pelabuhan Internasional Batam Center pada 8 Januari lalu saat hendak mengantar 10 orang calon TKI ke Malaysia. Penangkapan bermula ketika petugas Polsek KKP mencurigai gerak-gerik calon TKI yang dilihatnya baru saja menerima tiket dari terdakwa. Petugas langsung menanyakan maksud keberangkatan para korban dan mereka mengaku akan bekerja ke Malaysia.

Para korban dan terdakwa langsung digiring ke kantor Polsek KKP untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan diketahui, para korban direkrut dari Sumatera Utara dan dijanjikan pekerjaan di salon mobil yang berada di Malaysia. Kepada korban, terdakwa menjanjikan upah sebesar 1000 Ringgit Malaysia.

Sebelum berangkat ke Batam, para korban sempat diinapkan di rumah orang tua terdakwa. Akibat perbuatannya, terdakwa diancam dengan pasal 102 ayat (1) huruf A UU RI No 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) diluar negeri juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. aini lestari

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com