SINDOBatam

Opini+

Jungkir Balik+

Calon Kepala Daerah Harus Bebas Korupsi

  • Reporter:
  • Kamis, 21 Desember 2017 | 18:44
  • Dibaca : 69 kali
Calon Kepala Daerah Harus Bebas Korupsi
ilustrasi

JAKARTA– Calon kepala daerah yang diusung setiap partai politik (parpol) dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 disarankan bersih dari kasus hukum terutama korupsi.

Hal itu dinilai penting agar tidak ada lagi kepala daerah yang ter – jaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Harus bersih dari kasus hukum, terutama ko – rupsi,” kata Direktur Eksekutif Emrus Corner, Emrus Sihom – bing di Jakarta, kemarin. Karena itu, Emrus me nya – rankan agar semua parpol me – lakukan evaluasi terhadap ca – lon yang diusung pada Pilkada Serentak 2018.

“Jangan sampai nanti setelah terpilih, ber urus – an dengan KPK,” ujarnya. Dia menambahkan, setiap parpol pun tidak boleh cuci ta – ngan jika ada kepala daerah yang diusung berurusan de ngan KPK. “Maka partai harus mengeva lua – si secara menye lu ruh, secara to – tal terhadap re kam jejak calonca lon peserta pil kada tersebut terutama dari perilaku korupsi dan perilaku amoral,” katanya.

Dengan demikian, kepala daerah yang terpilih nanti me – mi liki integritas tinggi dan bers ih dari kasus hukum. Untuk mengevaluasi menyeluruh ter – ha dap calon yang diusung, perlu dibentuk tim khusus. Salah satu hal perlu ditanyakan, yakni pa – jak calon kepala daerah.

“Mi – salnya, apakah mereka sudah mem bayar pajaknya sesuai atur an. Kalau pajaknya tidak jelas, itu indikasi,” ujarnya. Kemudian setiap parpol perlu meminta setiap kandidat menjelaskan tentang asal usul harta kekayaannya. Terkait Pil – gub Jawa Tengah, dia menya – ran kan PDIP tidak mengusung kandidat yang memiliki per – sepsi negatif.

Sebab politik itu merupakan persoalan persepsi. “Politik itu kan persoalan per – sepsi,” katanya. Pengamat politik dari FISIP Undip Semarang, Yulianto me – ngatakan, saat ini selain Ganjar Pranowo, ada tiga tokoh PDI Perjuanganlagi yangsudahresmi terdaftar sebagai bacagub Jateng lewat PDI Perjuangan, yaitu, Sunarno selaku mantan Bupati Klaten dua periode yang kini istrinya menjadi Bupati Klaten.

Kemudian Musthofa, Bu pa – ti Kudus dua periode yang suk – ses membangun ekonomi dan kesejahteraan disertai kemam – pu an mendinamisasi daerah – nya. Di bawah kepemimpinan Musthofa selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kudus, partai yang berlatar belakang nasio – nalis bisa menjadi perpaduan nasionalis-religius yang bisa diterima di masyarakat santri Kudus.

Satunya lagi Wardoyo, Bupati Sukoharjo yang populer di Solo Raya. Sementara Partai Gerindra sudah resmi mengusung Su dir – man Said sebagai cagub Jateng. Dukungan terhadap Sudirman Said pun diberikan PPP di ba wah kepemimpinan Djan Fa ridz.

Deklarasi dukungan ter hadap Sudirman Said dilakukan di selasela Rapat Pimpinan Na sio nal (Rapimnas) III PPP di bawah kepemimpinan Djan Faridz. “Sebagaimana biasanya, ca – lon yang kita dukung harus me – nan datangani kesepakatan yang isinya menginginkan be liau ke tika menjadi gubernur menyi sih – kan APBD untuk pro gram umat Islamsesuaimoto PPP,” ujarDjan di Jakarta, kemarin.

Program tersebut antara lain yang bersentuhan langsung dengan rakyat, anggaran untuk marbot, pengurus masjid, serta ustaz dan ustazah. Selain itu, memastikan kondisi masjid ser – ta pesantren yang ada di Jawa Tengah. “Seperti tempat wudu dan MCK, kami mohon agar halhal itu bisa diperhatikan,” ung – kap Djan.

Djan juga memastikan du – kungan yang diberikan kepada Sudirman Said akan direali sa – sikan dengan kerja kader mau – pun pengurus untuk meng ga – lang dukungan masyarakat hing ga hari pemungutan suara nanti. Selain itu, partainya me – nyerahkan kepada Sudirman Said untuk menentukan calon wakilnya di pilgub nanti.

“Saya memohon semua sahabat PPP di Indonesia mengajak etnisnya di Jawa Tengah untuk men du – kung beliau,” kata Djan. Sudirman Said menyambut positif dukungan yang diberi – kan PPP kubu Djan Faridz ter se – but. Dia mengaku menandata – ngani dua dokumen dengan PPP kubu Djan, yakni surat du – kungan serta kesepakatan men – dukung program yang ber sen – tuhan dengan umat Islam.

dian ramdhani/ sindonews

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com