SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Cantiknya Gugusan Granit Batu Sindu

  • Reporter:
  • Sabtu, 18 Maret 2017 | 17:05
  • Dibaca : 316 kali
Cantiknya Gugusan Granit Batu Sindu
Serpihan Batu Granit dan pesona laut biru di depannya.

Natuna selain dikenal sebagai penghasil minyak bumi juga memiliki kekayaan alam berupa batu granit. Bebatuan alam ini dapat ditemui hampir di semua pesisir Pulau Bunguran, pulau terbesar di kabupaten ini. Salah satu gugusan batu granit yang menjadi wisata andalan adalah Batu Sindu.

Batu Sindu masih berada di wilayah Kota Ranai. Kondisi tersebut menjadikan tempat ini favorit wisatawan yang berkunjung ke Natuna. Objek wisata Batu Sindu memang belum dikelola secara serius oleh pemerintah setempat. Tetapi, tidak sedikit wisatawan yang datang ke sini.

Cara menikmati pesona gugusan batu granit dengan melihatnya dari ketinggian. Berdirilah di puncak bukit yang terdapat di sebelahnya. Dari tempat ini, ratusan batu granit tampak terbentang luas di bawah tebing. Bagaikan serpihan bebatuan yang berserakan di atas laut. Bentangan laut biru tak bertepi di depannya menjadikan panorama semakin memesona. Membuat mata segar memandangnya.

Puncak bukit tempat menyaksikan gugusan batu granit ini cukup luas, melegakan meski belum memenuhi standar keamanan. Namun memungkinkan untuk membawa sepeda motor hingga ke puncak. Jalur menuju puncak nyaman dilewati. Sebagian sudah berlapis semen.

Beberapa pengunjung ada yang melampiaskan rasa penasaran dengan turun ke bawah, menapaki langsung bebatuan granit itu. Memungkinkan memang untuk turun ke bawahnya karena ada jalan setapak bertanah merah, membelah semak belukar.

Namun, harus berhati-hati karena pada jalan setapak tersebut ada bagian yang membuat pengunjung rentan terpeleset. Semoga jalan setapak menuju hamparan bebatuan granit tersebut segera dibuat anak tangga, sehingga aman dan nyaman bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasinya. Juga, penulis berharap disediakan pondok-pondok tempat bersantai baik di puncak maupun di bagian bawahnya.

Objek wisata Batu Sindu ini sepi penduduk. Di sekitarnya hanya dipenuhi pepohonan dan semak belukar. Tidak ada warung jajanan. Maka itu, sebelum berkunjung, sebaiknya membawa bekal dari rumah. Tidak perlu khawatir karena jarak Batu Sindu dengan pusat kota tidak terlalu jauh. Namun, di puncak tersebut terdapat sebuah bangunan milik perusahaan telekomunikasi.

Menuju ke Sana
Objek Wisata Batu Sindu berada di wilayah Kecamatan Bunguran Timur. Kecamatan ini juga menaungi Ibukota Kabupaten Natuna, Ranai. Ya, jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dapat ditempuh selama sepuluh menit dengan menggunakan sepeda motor, hingga ke puncak Batu Sindu.

Di pusat Kota Ranai terdapat beberapa tempat penyewaan kendaraan. Khusus sepeda motor bisa ditemukan di beberapa warung makan atau penginapan. Jika hendak menyewa mobil, bisa menanyakan ke pemilik warung atau penginapan. Biasanya mereka punya informasi tentang warga yang menyewakan mobil.

Di Ranai juga ada beberapa penginapan dan hotel. Tarifnya dari Rp 100 ribu hingga Rp400 ribu. Bahkan, ada juga warga setempat yang menyediakan kamar kos yang bisa di sewa per hari, lengkap dengan tempat tidur. Tarifnya Rp40 ribu per hari. Lokasinya di sekitar Masjid Jami’ Ranai di pusat kota.

Saat menuju Batu Sindu, Anda akan melewati Masjid Agung Natuna yang terkenal. Masjid yang sangat luas dan besar ini juga merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan. Jadi, yang ingin ke Batu Sindu bisa sekalian menghampiri masjid cantik di bawah kaki Gunung Ranai ini.

Untuk menuju puncak bukit Batu Sindu, berbeloklah ke kanan memasuki jalan kecil yang sudah berlapis semen. Ikuti saja jalan itu hingga mentok di puncak bukit. Tidak perlu khawatir akan tersesat. Bertanyalah kepada warga yang ditemui karena mereka sangat hapal dengan lokasi Batu Sindu.

Rakhmad Fadli

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com