SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Cari Bibit Baru Dunia Seni Minang

  • Reporter:
  • Rabu, 29 Maret 2017 | 13:35
  • Dibaca : 694 kali
Cari Bibit Baru Dunia Seni Minang
Peserta lomba nyanyi saat dikomentari juri. Foto Agung Dedi Lazuardi.

BATAM KOTA – Marawa Event Organizer menggelar Pagelaran Ranah Minang di Atrium Mega Mall, Selasa (28/3). Kegiatan ini untuk menciptakan bibit baru di dunia seni minang.

Pagelaran Ranah Minang ini merupakan suatu ajang lomba menyanyi lagu minang. Acara terbuka untuk umum ini diikuti oleh remaja usia 15 tahun hingga dewasa berusia 50 tahun.

Sebelumnya, pihak panitia telah melakukan audisi yang dilaksanakan pada 11-13 Februari lalu. Dalam audisi yang digelar di Abizara Restoran, ada sebanyak 50 peserta beradu kebolehan menampilkan kemampuan dalam seni tarik suara. “Terpilih 29 orang yang maju ke babak penyisihan pada hari ini (kemarin),” kata Ketua Panitia Pagelaran Ranah Minang, Rahmat Sagara.

Rahmat yang juga merupakan artis minang ini menjelaskan, dalam babak penyisihan juri akan memilih 10 peserta untuk masuk ke tahap grand final yang akan dilaksanakan 24 April mendatang. Dalam tahap grand final, juri akan menentukan tiga pemenang, yang mana juara pertama akan ikut serta dalam rekaman album kompilasi lagu-lagu minang. “Kita menyediakan juga hadiah berupa trophy dan uang tunai. Selain akan rekaman lagu minang, kami juga membantu dalam promosi lagunya,” ujarnya.

Untuk menentukan para pemenang, panitia mengundang empat juri yang mana 3 di antaranya merupakan artis minang ternama yakni Upiak Isil, Vlonaziba dan Edo Abas. “Para juri ini menilai beberapa hal dari setiap peserta yakni matefi vocal, teknik vocal, improvisasi, penguasaan lagu dan penampilan di panggung,” kata Rahmat.

Setiap peserta diwajibkan membawakan satu lagu minang dalam kategori bebas, seperti lagu pop minang, atau dangdut minang. “Acara ini untuk mempromosikan budaya minang dan mencari bibit artis minang dari Kota Batam,” ujarnya.

Dan pada grand final mendatang, beberapa artis minang akan tampil untuk menghibur orang minang yang ada di Batam. Selain itu, ke depan, Marawa Event Organizer juga akan menggelar parade tari kolosal dan juga acara hiburan lagu nusantara. Acara juga disambut baik banyak pihak. Ini terbukti banyaknya pihak yang menjadi sponsor seperti syurga pelaminan, usil production, rancak studio, abizara restoran, argaria photografer, Bulan tua record, Mega mall, jingga musik, essy wedding, bunda printing, faiza tenda, discovery minang, dan sanggar wan sendari serta tokoh-tokoh minang dari Kota Batam.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com