SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Caterpillar dan Schneider Perluas Usaha di Batam

  • Reporter:
  • Selasa, 23 Mei 2017 | 12:45
  • Dibaca : 639 kali
Caterpillar dan Schneider Perluas Usaha di Batam
Logo PT Schneider Electric.

BATAM KOTA – PT Caterpillar Batam dan PT Schneider Electric, dua perusahaan penanaman modal asing (PMA) akan memperluas area perusahaannya tahun ini. Badan Pengusahaan (BP) Batam menilai hal ini menunjukan bahwa Batam masih menjadi daerah yang baik untuk investor mengembangkan bisnisnya.

Deputi Bidang Pelayanan, BP Batam, Gusmardi Bustami mengatakan, investasi PT Caterpillar Batam mencapai 204 juta dolar Amreikta dan tahun ini meningkat 12 juta dolar Amerika seiring makin bertambahnya produksi perusahaan. Sehingga total seluruh investasi Caterpillar saat ini di Batam diperkirakan mencapai 216 juta dolar Amerika.

“Nanti mereka akan memindahkan seluruh operasinya dari Batuampar ke Tanjunguncang. Sekarang masih dalam proses pemindahan karena ada penambahan daya listrik juga ke PLN,” ujarnya, Jumat (19/5).

Dia menambahkan, perusahaan Amerika Serikat (AS) ini mempekerjakan para alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Batam. Karena itu BP Batam sangat mendukung perluasan yang dilakukan oleh PT Caterpillar Indonesia dengan harapan bisa lebih banyak lagi memperkerjakan karyawan lokal.

PT Caterpillar Batam juga merupakan satu-satunya perusahan di dunia yang mempekerjakan tenaga welder wanita. Untuk di Batam ada sekitar tujuh orang yang direkrut dari lulusan SMK di Batuaji. “Maka itu juga sudah sewajibnya kami jaga. Karena ini hanya ada di Batam tidak ada di daerah lain,” katanya.

Sedangkan PT Schneider Electric yang berdomisili di kawasan Batamindo, Mukakuning, juga akan melakukan perluasan investasinya masih dalam proses komersil. Nilai investasinya diperkirakan 141 juta dolar Amerika. Seluruh produksinya 100 persen untuk ekspor dan tenaga kerjanya sekitar 1.700 orang.

Dengan adanya rencana perluasan investasi itu, Gusmardi menilai, kegiatan usaha di Batam masih terbilang sangat kondusif, situasi itu pula yang mesti dijaga keberlangsungannya. Dia optimis bahwa masih akan ada terus investor-investor datang ke Batam. “Kami masih sangat optimis investasi di Batam masih mampu bersaing dengan negara lain. Kami juga akan selalu menawarkan kemudahan-kemudahan investasi,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com