SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Cegah Praktik Suap, Bea Cukai Terapkan 13 Pelayanan Online

  • Reporter:
  • Senin, 22 Januari 2018 | 15:58
  • Dibaca : 164 kali
Cegah Praktik Suap, Bea Cukai Terapkan 13 Pelayanan Online
ilustrasi.

BATUAMPAR – Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai (BC) Tipe B Batam menerapkan sistem online sebagai peningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sistem ini dinilai lebih efektif dan efisien, pasalnya pemohon tidak perlu datang ke Kantor Bea Cukai untuk mengurus perizinan barangnya. Saat ini ada sekitar 13 pelayanan yang sudah menggunakan sistem online, yang diterapkan sejak akhir tahun lalu.

Kepala KPU Bea Cukai Tipe B Batam, Susila Brata mengatakan inovasi ini terapkan sebagaimana implementasi PPFTZ-03 dan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No 120/2017 sebagai pengganti Peraturan Menteri Keuangan Nomor 47/2012 yang diberlakukan sejak 4 November 2017. Inovasi ini merupakan joint endorsement dengan Direktorat Jenderal Pajak untuk memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pelayanan serta pangawasan fasilitas PPN.

“Target saya perizinan yang sifatnya lokal akan kami onlinekan semua, biar lebih mudah dan efesien. Ini dilakukan sebagai bentuk upaya kami meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya, Minggu (21/1/2018).

Dengan menggunakan sistem online ini, para pelaku usaha bisa mengurus izinnya di kantor masing-masing. Dengan demikian pelayanan akan lebih cepat dibandingkan dengan pelayanan sebelumnya. Pihaknya juga berharap dengan penerapan sistem online ini bisa mengurangi tatap muka antara pegawai dan masyarakat yang mengurus perizinan, sehingga dapat mencegah praktik-praktik suap ataupun jenis korupsi lainnya.

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com