SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Cegah Sejak Dini Bahaya Narkoba Bagi Anak

  • Reporter:
  • Senin, 2 Juli 2018 | 10:15
  • Dibaca : 262 kali
Cegah Sejak Dini Bahaya Narkoba Bagi Anak
Ilustrasi /DOK SINDO BATAM

KARIMUN – Peredaran narkoba di Kepri, khususnya Kabupaten sangat tinggi dan sering dijadikan tempat transit penyelundupan barang haram ini dari luar negeri. Mencegah hal ini, peran orang tua dan lingkungan pendidikan sangat penting bagi anak.

Anggota DPR RI asal Kepri Dwi Ria Latifa mengatakan, peran keluarga dan dunia pendidikan sangat penting untuk melakukan pengawasan serta pencegahan. Terlebih Kepri saat ini berstatus darurat narkoba.

“Jangan sampai terpengaruh oleh narkoba. Terutama bapak-bapak dan ibu-ibu dapat mendeteksi dini dengan melihat perilaku anak-anaknya,” ujarnya, kemarin.

Ia menyebutkan, dalam upaya pemberantasan narkoba, DPR RI terus melakukan pertemuan dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) di daerah-daerah.

“Khususnya di Komisi III kami ada pertemuan rutin dengan BNN di daerah. Kami minta ada program khusus untuk pencegahan dengan penyuluhan dan memberikan reaksi cepat jika ada ditemukan kasus terutama pada anak-anak,” katanya.

Ria menambahkan, untuk lebih maksimal dalam penanganan terkait masalah itu, BNN dan Polri sebagai pihak yang berwenang harus terjun ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman kepada guru dan para pelajar.

Ia juga selalu meminta BNN atau kepolisian masuk ke sekolah memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba serta memperlihatkan bentuknya. Karena saat ini narkoba bukan hanya berbentuk klasik saja, tapi sudah ada yang berbentuk permen.

“Jadi harus dicegah secara dini melalui keluarga dan sekolah. Karena saya tahu Kepri sebagai daerah darurat narkoba,” kata politisi PDIP ini.

Ria berharap dengan peranan keluarga dan lingkungan sekolah dalam melakukan pencegahan masuknya narkoba, setidaknya celah peredaran narkoba semakin kecil karena lingkungan tidak lagi apatis dengan masalah itu.

“Mungkin dengan cara ini, ruang masuknya narkoba semakin kecil dan jumlah peredaran narkoba semakin bisa ditekan,” katanya. ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com