SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Cek Kesiapan Upacara Detik-detik Proklamasi

  • Reporter:
  • Kamis, 16 Agustus 2018 | 11:55
  • Dibaca : 202 kali
Cek Kesiapan Upacara Detik-detik Proklamasi
Tim Paskibraka tingkat Kota Batam menggelar gladi bersih upacara peringatan detik-detik proklamasi di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Rabu (15/8). f teguh prihatna

BATAM KOTA – Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengecek gladi bersih tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Dataran Engku Putri Batam Centre, Rabu (15/8). Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 ini dan diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih.

Dalam upacara yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus besok, Wali Kota akan bertindak sebagai inspektur upacara di pagi hari, dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad pada sore harinya.

Gladi bersih dihadiri lengkap oleh personel TNI/Polri yang terlibat dalam pelaksanaan upacara. Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto bertindak sebagai pembaca teks Proklamasi dan doa dipimpin oleh Kepala Kemenag Kota Batam, Erizal Abdullah.

Rudi mengatakan, kegiatan ini merupakan latihan terakhir pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia tingkat Kota Batam. Menurut dia, masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh petugas upacara dan berharap untuk segera diperbaiki. Sehingga pada pelaksanaannya nanti tidak ada lagi kesalahan maupun kekurangan.

“Tadi ada sepatu yang Iepas, apa karena kebesaran nanti tolong dicek. Lantai di bagian bawah belum bersih nanti dibersihkan. Yang tidak pas akan diselesaikan oleh perwira,” ujarya.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menambahkan, pihaknya berharap seluruh rangkaian upacara nanti berjalan lancar sesuai dengan yang sudah ditetapkan.
“Tahapan yang dilalui sudah cukup baik. Pengibaran bendera lancar, penyerahan bendera dari anggota Paskibraka ke inspektur upacara sudah baik. Tata Ietak sound sudah baik dan barisan tiap kompi pun rapi. Kami akan tingkatkan Iagi karena berbeda antara gladi dan pelaksanaan nanti,” kata Amsakar.

Anggota Paskibraka Dikukuhkan

Sebelumnya, Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Batam Tahun 2018 di Aula Engku Hamidah Kantor Walikota Batam, Senin (14/8) malam.

Anggota Paskibraka Kota Batam yang dikukuhkan sebanyak 35 orang yang berasal dari siswa-siswi SMA/sederajat di Kota Batam. Paskibraka Kota Batam ini sebelumnya telah mengikuti pelatihan dan dikarantina selama 20 hari. Karantina dilaksanakan di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Batam.

Kepada seluruh anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan, Rudi berpesan agar dapat menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya di Kota Batam.

“Kalian sudah resmi dikukuhkan sebagai pembawa bendera khusus Kota Batam. Merah putih sudah di dadamu, apakah darah yang mengalir sudah sesuai dengan NKRI. Tugas kita semua dan tugas kalian yang baru dikukuhkan untuk membangun dan mempersatukan bangsa ini,” ujarnya.

Sebagai ujung tombak pembangunan NKRI, anggota Paskibraka diharapkan dapat menginformasikan kepada masyarakat untuk tidak saling menghujat dan membangun Indonesia dengan kebersamaan.

“Yang membangun negara ini adalah kita sendiri, jika kita tidak akur satu dan yang lain apa yang akan terjadi. Ini perlu saya sampaikan agar ke depan Bangsa Indonesia menjadi Negara besar dan disegani,” katanya.

Pengukuhan anggota Paskibraka diawali dengan pembacaan pengantar ikrar oleh Kepala Dispora Kota Batam, Hendriana Gustini. Dilanjutkan dengan pembacaan ikrar putra Indonesia yang dipimpin oleh Wali Kota dan diikuti seluruh anggota Paskibraka.

Suasana khidmat pengukuhan anggota Paskibraka Kota Batam kian terasa ketika masing-masing anggota Paskibraka mencium bendera Merah Putih secara bergantian.
Disaksikan para orangtua dan keluarga anggota Paskibraka, Rudi memasangkan kendit kepada perwakilan Paskibraka dan dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar.

Pengukuhan anggota Paskibraka bermakna memiliki jiwa ksatria dan satu perkataan dengan perbuatan untuk rela berkorban dan bertanggungjawab dalam membela ibu pertiwi serta sebagai pelopor pembaharuan Indonesia. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com