SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Ciptakan Pelaut Andal, BPSDM Perhubungan Verifikasi Lembaga Pelatihan Kelautan di Batam

  • Reporter:
  • Rabu, 15 Mei 2019 | 09:43
  • Dibaca : 108 kali
Ciptakan Pelaut Andal, BPSDM Perhubungan Verifikasi Lembaga Pelatihan Kelautan di Batam

BATAMKOTA- Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan melakukan Monitoring dan Evaluasi terhadap Diklat Keterampilan Pelaut pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepelautan yang ada di Provinsi Kepri. Kegiatan ini bertujuan mendorong sumber daya manusia (SDM) Pelaut di Indonesia, khususnya wilayah Provinsi Kepri (Kepri). Diharapkan SDM mampu memiliki kompetensi dengan bersertifikasi. 

Kepala Bidang Pendidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan di Kementerian Perhubungan, Irwan  mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk evaluasi dan melihat kondisi sekolah dan kelengkapannya. Memonitoring kegiatan tersebut sudah sesuai dengan standar yang sudah ditentukan atau belum.

Ada 8 standar yang ditentukan, namun jika ditemukan ada kekurangan, masih diberikan kesempatan untuk memenuhi persyaratan dari standarisasi tersebut.

“Nah dari 8 standar tersebut, salah satunya tenaga pengajarnya harus memiliki sertifikasi yang lebih dan mumpuni. Dan harus didapatkan melalui jalur yang resmi,” katany, Selasa (14/5).

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini pihaknya akan menemukan hal-hal yang menarik dalam proses standarisasi dan verifikasi. Jika nanti dianggap sesuai, pihaknya akan memberikan rekomendasi secara langsung kepada sekolah yang dianggap telah memenuhi persyaratan.

“Apabila masih ada sekolah yang merasa ada yang kurang jelas, akan kita berikan penjelasanya secara detail. Kalau ada yang kurang terpenuhi, maka akan kita berikan kesempatan untuk mereka memenuhinya,” ujarnya.

Head of Batam Pertamina Maritime Training Center, Aries Broto Sucahyo mengatakan kegiatan monitoring ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang digelar. Tahun ini, jumlah lembaga diklat yang datang dan ikut dalam evaluasi ada 5 di Batam.

“Kami merasa bangga, karena Pemerintah Pusat mempercayakan kegiatan ini di tempat kita (di Pertamina Maritme Training Center) “katanya.

Pelatihan ini mempunyai standar pendidikan yang selalu dimonitor oleh Kementerian Perhubungan. Pihak dari Jakarta yang dikhususkan datang ke Batam untuk memonitoring kegiatan pelatihan pelautan, untuk mengetahui sudah standar atau belum pendidikan tersebut. Sehingga dilakukan pemeriksaan, verifikasi hingga dokumentasi. 

“Saya berharap adanya monitoring kita bisa sesuai dengan aturan pemerintah standar pendidikan, membantu pemerintah mengembangkan SDM (sumber daya manusia) khususnya di Kepri, mendapat nilai jual SDM pelaut di Indonesia,” jelasnya. 

reni hikmalia

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com