SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Cuaca Ekstrem Perairan Lingga, Masyarakat Diimbau Waspada

  • Reporter:
  • Jumat, 4 Januari 2019 | 14:39
  • Dibaca : 86 kali
Cuaca Ekstrem Perairan Lingga, Masyarakat Diimbau Waspada
Keberangkatan kapal dari Lingga ke beberapa daerah ditunda selama sejam karena cuaca ekstrem, Kamis (3/1). f jamariken

LINGGA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep mengimbau masyarakat yang beraktivitas di perairan Lingga untuk waspada dan berhati-hati. Saat ini, gelombang di perairan Kabupaten Lingga mencapai 2 meter.

“Badai siklon tropis Pabuk di laut Selatan ikut berpengaruh untuk Kepulauan Riau dan juga perairan Lingga. Itu karena adanya gaya Corioli atau pembelokan di garis khatulistiwa, maka angin dari barat membelok (tersedot) ke utara dengan kecepatan 5 km perjam hingga 30 km perjam,” kata Kepala BMKG Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu, Kamis (3/1).

Ia mengatakan, masyarakat di Kabupaten Lingga agar mengutamakan keselamatan dalam beraktivitas di laut. Salah satunya dengan melengkapi alat-alat keselamatan berlayar bagi pengguna maupun penyedia transportasi laut.

“Pantau terus informasi resmi dari BMKG, dan otoritas pelabuhan setempat. Kami juga berharap, warga jangan mudah terpancing isu-isu atau berita hoaks yang tidak bertanggungjawab. Jaga kondisi badan supaya tetap sehat dalam perjalanan,” ujarnya.

Selain itu, ia meminta waspada terhadap fenomena cuaca yang mudah berubah semisal apabila terbentuk awan CB agar dijauhi. Sebab, jika terbentuk di darat bisa menyebabkan angin puting beliung, hujan lebat, angin kencang dan petir.

“Apabila terbentuk di laut maka bisa menyebabkan waterspout (puting beliung), angin kencang dan gelombang tinggi secara tiba-tiba,” katanya.

Sementara itu, Otoritas Pelabuhan Jago Kabupaten Lingga menunda sejam keberangkatan 3 kapal untuk menghindari cuaca ekstrem. Adapun kapal yang ditunda yaitu, kapal dari Dabo Singkep dengan tujuan Kota Batam dan Tanjungpinang. jamariken tambunan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com