SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Daerah Didorong Bangun Mal Pelayanan Publik

  • Reporter:
  • Kamis, 5 April 2018 | 16:12
  • Dibaca : 292 kali
Daerah Didorong Bangun Mal Pelayanan Publik

BANDUNG – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mendorong seluruh pemerintah daerah (pemda) di Indonesia membangun mal pelayanan publik (MPP).

Pembangunan MPP bertujuan untuk mengintegrasikan pelayanan publik dalam satu gedung. Menteri PAN-RB Asman Ab nur mengatakan, MPP akan sangat membantu masyarakat dalam mendapat berbagai pe la – yanan publik dari pemerintah dalam satu tempat. Dengan de mi ki – an, warga tak perlu lagi me ngun – jungi banyak gedung ins tan si yang berbeda-beda untuk men – dapat berbagai pelayanan publik. “Dari surat nikah sampai bayar pajak, semua beres di situ. Begitu juga mengurus paspor dan STNK, semuanya ada di situ. Jadi, semua terintegrasi,” ujar Asman seusai menghadiri acara Percepatan Reformasi Birokrasi melalui Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) di Gedung Sate, Jalan Dipo ne – go ro, Kota Bandung, kemarin.

Asman mencontohkan, MPP yangtelahdibangunPe merintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah menyediakan lebih dari 300 pelayanan publik. Semen ta – ra di Banyuwangi, MPP baru me – nyediakan 100 pelayanan publik karena belum diintegrasikan de – nganpelayanandari pemerintah pusat atau kementerian. “Makanya, nanti kita harap se mua perizinan terintegrasi, mu lai dari pusat, provinsi, sam – pai daerah. Semuanya masuk ke dalam mal pelayanan publik da – lam satu gedung,” katanya. Asman menambahkan, pa – da saat yang sama, pemerintah pusat juga akan meng integ rasikan e-government secara me – nye luruh. Pihaknya akan meng – atur secara nasional agar be lan – ja teknologi informasi (TI) tidak terlalu tinggi dan lebih efisien.

Saat ini, kata Asman, e-go vern – ment masih berjalan di masingmasing kementerian/lembaga. Dalam kesempatan itu, As – man juga menekankan, bi ro – krasi yang akuntabel, efektif, dan efisien harus menjadi m o – del pemerintahan di Indonesia. Hal ini harus ditunjukkan me – lalui kemampuan dalam mem – pertanggungjawabkan hasil (outcome ) dari sebuah program yang dijalankan. Sementara itu, Gubernur Ja – bar Ahmad Heryawan me nga ta – kan, Pemprov Jabar sebenarnya su dah sejak lama berencana men dirikan MPP. Menurut dia, se lama ini berbagai pelayanan pu blik di Jabar sudah ter se leng – gara baik dan tinggal disatukan da lam satu gedung jika ingin mendirikan MPP.

“Kita sudah bagus pelayanan pu blik di mana-mana, tinggal di sa tupadukan dalam satu ge – dung. Tidak ada kendala, besok lusa juga bisa jadi. Namun, ha – rus ada gedungnya dulu. Tanpa mal, semua sudah bagus. Kalau harus ada mal pelayanan publik, harus disatukan,” katanya. Aher, sapaan akrabnya me – nye butkan, untuk mewujudkan MPP di Jabar, terdapat sej um – lah opsi, di antaranya meman – faat kan aset gedung milik Pem – prov Jabar untuk dijadikan MPP. Selain itu, bisa juga me – nyewa mal atau pusat per be lan – jaan yang sudah beroperasi. Mes ki begitu, kata Aher, peng – anggaran pembangunan ge – dung atau penyewaan gedung un tuk MPP tersebut, baru bisa dilakukan tahun depan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa me nam bah – kan, Pemprov Jabar sudah be – rencana membangun MPP de – ngan memanfaatkan gedung dan lahan Badan Pelatihan SDM Jabar di Kota Bandung. Iwa menjelaskan, pendirian MPP di Jabar sebagai pe ngem – bangan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar yang telah lama beroperasi. “Nantinya bukan hanya pe – layanan perizinan provinsi, tapi dari instansi vertikal pun kita ma sukkan dalam mal layanan pu blik ini,” katanya.

Iwa me nga – takan, perancangan MPP di Ja – bar ini menjadi salah satu tugas Satuan Tugas Kemudahan Ber – usaha yang dibentuk oleh Gu – ber nur Jabar Ahmad Herya – wan. Pihaknya menargetkan, pro ses pembangunan dan penyiapan layout MPP bisa di la ku – kan pada 2018 sehingga 2019 bisa selesai dan digunakan.

Agung bakti sarasa

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com