SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

DAK Revitalisasi Puskesmas Belakangpadang Capai Rp4 Miliar

DAK Revitalisasi Puskesmas Belakangpadang Capai Rp4 Miliar
ilustrasi

SINDOBATAM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi hampir Rp4 miliar. Dana itu bakal digunakan untuk revitalisasi Puskesmas Belakangpadang, agar pelayanan kesehatan di Pulau Hinterland tersebut meningkat.

“Angka persisnya saya lupa, tapi hampir Rp4 miliar. Selain revitalisasi fisik, dana ini digunakan untuk sarana lain di Puskesmas Belakangpadang,” Ujar Kepala Dinkes Batam Didi Kusmarjadi, Senin (22/5/2017).

Menurut dia, Dinkes Batam membagi DAK Afirmasi untuk beberapa pengguna. Sekitar Rp1 miliar untuk revitalisasi gedung puskesmas. Lantaran ada lahan di bagian gedung lama yang bisa digunakan untuk menambah luas gedung yang sekarang.

“Sebenarnya bisa untuk merevitalisasi Puskesmas Belakangpadang menjadi 2 lantai. Tapi tahun ini, kami tak hanya fokus ke fisik, tapi juga peralatan medis,” ujarnya.

Sementara Rp1,5 miliar dari DAK Afirmasi digunakan untuk peningkatan Alat Kesehatan (Alkes) puskesmas. Dengan meningkatnya kualitas Alkes, diharapkan pelayanan kesehatan di puskesmas meningkat pesat.

Selain itu, Dinkes juga membeli 1 unit ambulance lengkap dengan peralatan medis dasar di dalamnya. Harga ambulance tersebut mencapai Rp900 juta.
Ambulance ini bisa melayani kebutuhan medis masyarakat secara mobile. “Sisanya kita belikan motor dan peralatan-peralatan lainnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, tahun ini pemerintah pusat meningkatkan transfer dana ke daerah dengan menambak DAK Afirmasi. DAK Afirmasi bertujuan mempercepat penyediaan infrastruktur dan sarana di daerah tertinggal, perbatasan, kepulauan dan transmigrasi.

DAK Afirmasi juga diperuntukkan untuk pembangunan perumahan dan pemukiman, pembangunan infrastruktur jalan dan puskesmas. Secara umum, total alokasi untuk 122 daerah tertinggal pada 2017 sebesar Rp14 triliun dari total alokasi nasional sebesar Rp58 triliun.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com