SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Damri Berikan Ongkos Murah Bagi Wisatawan

  • Reporter:
  • Senin, 25 Juni 2018 | 16:04
  • Dibaca : 291 kali
Damri Berikan Ongkos Murah Bagi Wisatawan
ilustrasi

BINTAN – Perusahaan Umum (Perum) Damri memberikan ongkos murah bagi masyarakat maupun wisatawan yang hendak berpergian ke Kawasan Pariwisata Lagoi. Selain membantu masyarakat, tarif yang diberikan ini juga diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisawatawan ke Lagoi.

Sejak awal Juni ini Perum Damri resmi membuka rute baru di Pulau Bintan, yakni rute Tanjungpinang-Kawasan Pariwisata Lagoi dan Tanjunguban-Kawasan Pariwisata Lagoi.

Adapun ongkos atau tarif yang dikenakan oleh Perum Damri kepada penumpang dengan tujuan dari Tanjungpinang-Kawasan Pariwisata Lagoi hanya sebesar Rp16 ribu per orang, begitu juga sebaliknya. Sedangkan dari Tanjunguban-Kawasan Pariwisata Lagoi dan sebaliknya cukup membayar Rp10 ribu per orang.

Tarif ini tergolong murah jika melihat rute lintasan yang cukup jauh. Tidak hanya itu, tarif yang dikenakan bagi penumpang bahkan lebih irit 95 persen dibandingkan menyewa mobil rental dan menggunakan jasa taxi ataupun kendaraan lainnya. Soal keamanan dan kenyamanannya juga terjamin sebab bus ini memiliki fasilitas lengkap seperti AC dan tempat duduk yang empuk.

“Bus ini subsidi, jadi tarifnya sangat murah,” kata Kabid LLAJ Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan, Aris Sulistiyo, Minggu (24/6).

Dari hasil rapat bersama antara Dishub Bintan, Perusahaan Umum (Perum) Damri Cabang Batam dan PT Bintan Resort Cakrawala (BRC). Bus Damri yang akan melayani rute Tanjungpinang-Kawasan Pariwisata Lagoi akan diberangkatkan dari Terminal Seicarang menuju Terminal Sri Tri Buana. Lalu melanjutkan perjalanan ke Area Lagoi Bay dan Pujasera Lagoi.

Sedangkan Bus Damri yang berangkat dari Tanjunguban-Kawasan Pariwisata Lagoi akan diberangkatkan dari Kawasan Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Jalan Yos Sudarso menuju Terminal Sri Tri Buana lalu melanjutkan perjalanan ke Area Lagoi Bay dan Pujasera Lagoi.

“Kalau penumpang umum biasanya langsung diantar ke area Lagoi Bay. Sedangkan penumpang yang bekerja di Lagoi diantar ke Pujasera Lagoi. Kalau harga tiketnya, sama saja baik penumpang umum maupun pekerja,” katanya.

Ia menambahkan, untuk jadwal perjalanan yaitu dari Tanjungpinang-Lagoi akan diberangkatkan mulai pukul 06.00 dan pukul 11.30 dan Lagoi-Tanjunguban pukul 07.15-12.45. Kemudian dari Tanjunguban-Lagoi diberangkatkan pukul 08.30-14.15 dan Lagoi-Tanjungpinang diberangkatkan sejak pukul 09.15-15.00. “Jadwalnya tidak berubah. Beroperasi dari pukul 06.00-15.00,” kata Aris.

Penambahan trayek angkutan darat ini menjadi angin segar bagi PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku perusahaan pengelola Kawasan Pariwisata Lagoi. Sebab dengan adanya bus Damri, Lagoi akan mudah dijangkau baik dari Tanjungpinang maupun Tanjunguban.

General Manejer (GM) Administrasi PT BRC, Aditya Laksamana mengaku sangat senang dengan adanya angkutan umum menuju ke Kawasan Pariwisata Lagoi. Sebab akan mudah dijangkau oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang masuk ke Bintan melalui Tanjunguban dan Tanjungpinang. “Kami berharap kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Lagoi bisa lebih meningkat lagi dengan adanya bus Damri,” ujarnya. novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com