SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Data 368 Warga Binaan Diserahkan ke KPU

  • Reporter:
  • Senin, 11 Februari 2019 | 16:15
  • Dibaca : 79 kali
Data 368 Warga Binaan Diserahkan ke KPU
ilustrasi

SEKUPANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam telah menyerahkan 368 data kependudukan warga binaan Lapas dan Rutan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam. Data itu menjadi acuan bahwa warga binaan bisa menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019.

Data dari Disdukcapil itu terdiri dari 249 warga binaan rumah tahanan (Rutan) Klas IIA Batam dan 119 warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Barelang. Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar mengatakan perekaman di Lapas dan Rutan itu berlangsung sejak 17 Januari 2019 lalu hingga 31 Januari 2019. Proses pendataan disebut lancar karena sebagian warga binaan sudah punya e-KTP sehingga memudahkan petugas Disdukcapil

Said menargetkan perekaman terus dilakukan sampai seluruh warga binaan masuk dalam database kependudukan. “Agar mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu April mendatang,” kata Said Khaidar, Minggu (10/2).

Setelah diserahkan ke KPU, Disdukcapil akan segera mencetak e-KTP milik warga binaan. Menurut Said, proses pencetakan digesa secepat mungkin.

Selanjutnya, Disdukcapil bakal melakukan perekaman data di Lapas Perempuan dan Anak di Baloi. Total warga binaan yang ada di ketiga tempat ini mencapai lebih dari seribu orang.

“Penghuni Lapas Barelang itu saja sampai 1.311 orang. Butuh waktu karena perekamannya juga bertahap, tidak bisa sekaligus dikeluarkan mereka. Panggil dulu 10 orang, selesai, baru panggil 10 lagi,” paparmya.

Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan mengatakan bagi warga binaan baik rutan maupun lapas yang sudah memiliki KTP-el, tak perlu membuat baru lagi. “Kalau misalnya domisili KTP beda daerah pemilihan (dapil), tinggal diurus pindah pilih. Artinya bisa berkurang surat suara jika beda dapil,” tuturnya.

Sejauh ini KPU belum bisa memastikan data keseluruhan karena perekaman belum selesai. Melihat jumlah warga binaan, diperkirakan KPU akan menyiapkan tujuh tempat pemungutan suara (TPS) khusus untuk lapas dan rutan ini. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com