SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Datangkan Crane Modern Percepat Bongkar Muat

  • Reporter:
  • Senin, 15 April 2019 | 13:46
  • Dibaca : 331 kali
Datangkan Crane Modern Percepat Bongkar Muat
Ilustrasi Foto Teguh Prihatna.

BATUMPAR – Badan Pengusahaan (BP) Batam mengesa pengembangan Pelabuhan Batuampar untuk menekan biaya logistik yang selama ini banyak dikeluhkan pengusaha. Selain menyiapkan lapangan kontainer (container yard) di dermaga utara, BP Batam dan Pelindo I juga akan mendatangkan crane-crane modern sehingga mempercepat proses bongkar muat.

Kepala Bidang Komersil Kantor Pelabuhan BP Batam, Djohan Effendy mengatakan, pengembangan Pelabuhan Batuampar menjadi fokus utama BP Batam.

“Untuk crane masih on progress dari Pelindo I sebagai pemenang lelang. Saat ini kami masih menyiapkan container yard di dermaga utara,” ujarnya, Minggu (14/4).

Terkait dengan sejumlah crane yang akan didatangkan oleh Pelindo I untuk memodernisasi alat-alat bongkar muat, pihaknya masih terus koordinasi dengan perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) tersebut. Meskipun belum bisa memastikannya, ia optimistis crane-crane modern akan didatangkan dalam waktu dekat.

Alat-alat yang modern diyakini akan dapat mempercepat proses bongkar muat di pelabuhan, sehingga diharapkan dapat mengurangi biaya logistik. Karena selama ini crane yang ada di Pelabuhan Batuampar masih sangat tradisional, hal ini membuat bongkar muat kontainer lama, akibatnya tentu membuat biaya logistik lebih besar.

Sebelumnya, Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengatakan, pihaknya akan investasi sekitar Rp1,2 triliun untuk mengembangkan pelabuhan bongkar muat terbesar di Batam tersebut. Dalam waktu akan dekat membeli peralatan dan perlengkapan demi efesiensi bongkar muat di pelabuhan. Pasalnya alat-alat yang ada saat ini dinilai masih sangat standar, sehingga diperlukan revitalisasi alat.

“Investasi dibagi dalam dua fase, jangka pendek dan jangka menengah. Total investasi jangka pendek Rp200 miliar dan jangka menengah Rp1 triliun,” ujarbny di BP Batam, Selasa (2/4) .

Untuk jangka pendek, Pelindo I akan membeli antara lain tiga unit harbour mobile crane dan 12 terminal tractor. Peralatan dan perlengkapan ini diharapkan sudah tiba di Batam dalam beberapa hari ke depan. Ia optimistis, dengan pengadaan alat-alat , maka produktivitas di pelabuhan akan meningkat dalam satu bulan terakhir.

Sedangkan jangka menengah, Pelindo I akan mendatangkan container crane yang dapat mengakomodir bongkar muat kapal besar. Bambang menyatakan, dengan peralatan-peralatan tersebut, biaya logistik bisa turun. Selain itu juga proses bongkar muat di pelabuhan bisa lebih cepat

“Kalau sekarang 1 jam bisa 8 kontainer karena alatnya memang masih sangat sederhana. Dengan alat baru, nanti 1 jam targetnya 30 kontainer,” kata Bambang.

ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com