SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

DED Dam Sebayar Dibahas

  • Reporter:
  • Kamis, 8 Agustus 2019 | 12:14
  • Dibaca : 103 kali
DED Dam Sebayar Dibahas
BWSS dan Pemkab Natuna rapat membahas DED Dam Sebayar di Kantor BP3D Kabupaten Natuna, Rabu (7/8). /SHOLEH ARIYANTO

NATUNA – Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) IV dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna membahas Detail Engineering Design (DED) untuk Dam Sebayar yang akan dibangun di Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur. Dam ini merupakan sumber utama air baku pulau Natuna.

Kabid Sumberdaya Air Dinas Pekerjaan Umun (PU) Kabupaten Natuna, Herman mengatakan, pembahasan ini guna menghasilkan dokumen desain untuk Dam Sebayar di Kabupaten Natuna yang lengkap dan rinci serta bisa menjawab permasalahan yang ada pada perencanaan sebelumnya.

“Sudah kita bahas. Pembangunan infrastruktur pendayagunaan sumber air ini diharapkan mampu mendukung upaya peningkatan kesejahteraan rakyat,” katanya usai rapat di Kantor Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Natuna, Rabu (7/8).

Lebih lanjut, Herman mengatakan, Dam Sebayar merupakan area perkebunan dan semak belukar. Bahkan rencana Dam Sebayar tidak terletak di area kawasan hutan.

“Pada intinya rapat hari ini membahas kesiapan daerah menyambut program Pemerintah Pusat dalam hal pemenuhan kebutuhan air bersih di Natuna. Kementerian PU sudah menyiapkan anggaranya, sekarang kita tinggal menyiapkan lahannya,” kata Herman.

Di tempat yang sama, perwakilan BWSS IV, Agus menjelaskan, review desain Dam Sebayar dilakukan untuk mendapatkan dukungan dari Pemkab Natuna. Dukungan itu termasuk soal Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan lahan.

“Di sini kita menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan Dam Sebayar. Semua sudah dijelaskan secara rinci, termasuk kita mohon dukungan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk memetakan lahan yang terdampak,” tandasnya.

Hadir dalam rapat tersebut, Badan Pertanahan Nasional, BP3D Natuna, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Natuna, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Natuna, Kecamatan Bunguran Timur, Lurah Ranai dan tokoh masyarakat.

sholeh ariyanto

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com