SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Desa Diminta Segera Susun Anggaran Desa

  • Reporter:
  • Selasa, 23 Januari 2018 | 10:44
  • Dibaca : 111 kali
Desa Diminta Segera Susun Anggaran Desa
ilustrasi

NATUNA – Pemkab Natuna meminta seluruh desa segera menyelesaikan rancangan APBDes 2018 agar transfer dana ke rekening desa bisa dipercepat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Natuna Indra Joni menyatakan pihaknya telah menggelar kegiatan Fasilitasi Input Data APBDes 2018 demi memudahkan pejabat desa menyelesaikan rancangan anggaran. Kegiatan ini berlangsung di aula pertemuan sekretariat Klinik Keuangan Desa, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Senin (22/1/2018).

“Natuna adalah kabupaten tercepat di Kepri yang menerima transfer dana desa dari pusat. Saya harap seluruh desa bisa segera menyusun APBDes,” ujar Indra usai kegiatan, kemarin.

Indra mencatat tahun ini Dana Desa dari pusat untuk seluruh desa di Natuna mengalami penurunan sekitar Rp3 miliar. Pada 2017 lalu sebesar Rp57, 1 miliar, sedangkan 2018 ini hanya sekitar Rp54,3 miliar. Begitu juga dengan ADD (alokasi dana desa) yang pada 2017 mencapai Rp71 miliar, tahun ini hanya Rp54 miliar atau terjadi penurunan hampir 20 persen.

Tapi Indra tetap meminta desa bisa mengelola dana desa demi meningkatkan kesejahteraan warga secara bertahap sembari mencari sektor pendapatan untuk desa. Selain itu desa juga harus mengelola anggaran dengan transparan dan sesuai regulasi. “Bukan tidak mungkin UU ini dicabut dan kita tidak ada lagi dapat dana desa, makanya carilah sumber lain untuk pendapatan desa,” papar Indra.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com