SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Desa Pengudang Tawarkan Potensi Wisata, Dongkrak Perekonomian Masyarakat Sekitar

  • Reporter:
  • Kamis, 28 Juni 2018 | 13:26
  • Dibaca : 399 kali
Desa Pengudang Tawarkan Potensi Wisata, Dongkrak Perekonomian Masyarakat Sekitar
Wisatawan mancanegara menikmati pemandangan alam hutan mangrove saat menikmati liburan di Desa Pengudang, belum lama ini. f novel m sinaga

BINTAN – Desa Pengudang, Kecamatan Telok Sebong yang berlokasi di ujung pesisir pantai Pulau Bintan dan berhadapan langsung dengan laut Cina Selatan terus melakukan pembenahan di bidang pariwisata untuk menjadikan sektor andalan penyokong ekonomi masyarakat desa.

Setahun terakhir, desa ini terus menggali potensi wisata dan keindahan alam yang dimiliki agar dikunjungi para wisatawan, baik lokal dan juga mancanegara. Desa ini pun melirik adanya ekonomi yang akan datang ke desa dengan tingginya kunjungan wisatawan ke pulau Bintan. Sehingga saat wisatawan berkunjung ke Lagoi atau destinasi wisata lainnya, desanya tidak terlewatkan oleh para wisatawan.

Terlebih sejak terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (kopdarwis) di bawah binaan Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan yang menamakan dirinya Bengkel Wisata Pengudang Bintan Mangrove yang dibentuk bulan April tahun 2017 lalu. Para masyarakat di desa ini sudah semakin sadar wisata.

Geliat kehidupan wisata pun sangat terlihat dengan jumlah kunjungan wisatawan yang sangat signifikan, sejak bengkel wisata ini lahir. Dari yang jarang dikunjungi wisatawan, kini ratusan wisatawan mancanegara telah mampir mendatangi wilayah desa ini, atas promosi lokasi wisata yang indah dan unik yang ditawarkan desa ini di berbagai media sosial yang dimilikinya termasuk wisatawan lokal.

“Sejak bengkel wisata ini berdiri sudah hampir sekitar 600-an tamu, baik wisatawan mancanegara maupun Domestik telah berkunjung di tempat ini,” kata inisiator pendiri Kopdarwis Bengkel Wisata Pengudangbintanmangrove, Iwan Winarto, Minggu (24/6).

Iwan menceritakan berbekal dengan tekad yang kuat bersama rekan-rekannya akhirnya mampu mengembangkan pariwisata desa yang memiliki keindahan pantai dan keaneka ragaman hayati bawah lautnya, serta kealamian ekosistem sungai Bakau.

“Sebuah pencapaian yang luar biasa sekelas Pokdarwis di sebuah desa pesisir bisa mengelola destinasi wisata yang sangat indah, ini kebanggan kami dan warga desa,” ujarnya.

Ia menyampaikan, di Bengkel Wisata Pengudang Bintan Mangrove ini ada beberapa jenis paket tour yang bisa kita nikmati. Mulai dari jelajah sungai bakau sepanjang puluhan kilometer menggunakan boat dengan durasi tour hampir dua jam. Pengunjung akan dibawa menyusuri sungai bakau ditemani oleh pemandu dari masyarakat desa yang sangat komunikatif.

Dalam jelajah sungai bakau wisatawan bisa menikmati jernihnya sungai bakau yang berpasir di dasarnya yang hanya terdapat di Desa Pengudang. Juga jika beruntung, para wisatawn bisa menjumpai berbagai jenis satwa seperti, burung langka, monyet, biawak, dan sesekali ular bakau yang melilit ranting bakau serta berang-berang. Selain itu berbagai jenis pohon mangrove yang mendominasi seperti rhizopora, sea Apple mangrove dan lain sebagainya. “Dari pemandu wisatawan nanti mendapatkan berbagai informasi tentang ekosistem mangrove dan habitatnya,” terangnya.

Bengkel Wisata Pengudang Bintan Mangrove juga menyiapkan tour lain yang tidak kalah menarik yang bisa dinikmati di Desa Pengudang. Beberapa tour lain yang bisa dieksplore yakni snorkling dan barbeque di Pantai Batu junjung, yakni sebuah pantai yang dihiasi oleh bebatuan unik dan cantik. novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com