SINDOBatam

Feature+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Desak Pembangunan Dam Sebayar

  • Reporter:
  • Sabtu, 31 Agustus 2019 | 10:26
  • Dibaca : 75 kali
Desak Pembangunan Dam Sebayar
ilustrasi

NATUNA – Pemerintah Kabupaten Natuna diminta mengambil langkah cepat untuk membangun Dam Sebayar. Pasalnya, daerah ini kerap dilanda krisis air saat kemarau.

Wakil Ketua I DPRD Natuna Hadi Candra turut prihatin dengan kondisi air bersih di Kota Ranai. Menurutnya pembangunan Dam Sebayar tergantung dari keseriusan Pemerintah Daerah.

“Kami oke saja, dan jika pemerintah serius kami sangat mendukung pembangunan Dam Sebayar demi kepentingan masyarakat,” ucap Hadi, kemarin.

Terkait lahan, Hadi Candra menyerahkan sepenuhnya dengan pemerintah Kabupaten Natuna selaku pengguna anggaran. Karena pembebasan lahan tidak lepas dari kemampuan anggaran daerah.

“Kalau memang pemerintah serius silahkan masukkan dalam usulan APBD murni Kabupaten. Nanti kami, DPRD tinggal mengkaji, apakah anggaran cukup untuk mendanai usulan itu. Karena kita ketahui bersama persoalan air bersih menjadi keluhan paling utama masyarakat kota Ranai,” ujarnya.

Sementara Lurah Ranai Syuparman mengatakan, krisis air di Kota Ranai sudah sangat memprihatinkan, pasalnya air bersih yang disuplai PDAM Natuna tidak maksimal. Bahkan air yang didistribusikan sering keruh dan kotor.

“Air kita ini tidak bersih, oleh karena itu PDAM harus memiliki sumber-sumber air baku yang baru agar suplai air kepada masyarakat lebih maksimal,” kata Syuparman, kemarin.

Menurutnya, wacana pemerintah membangun sumber air baku di lokasi yang sudah ditetapkan pemerintah adalah salah satu upaya terbaik untuk mengatasi krisis air baku di kota Ranai dan sekitarnya. Hal ini harus segera diwujudkan secepatnya, karena pasokan air bersih yang disuplai PDAM terus berkurang.

“Kalau memang embung Sebayar menjadi solusi utama saat ini, kami masyarakat Kota Ranai sangat mendukung penuh. Semoga niat baik ini juga didukung seluruh pihak,” jelasnya.

sholeh ariyanto

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com