SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dewan Desak BUMD dan BUP Dievaluasi

  • Reporter:
  • Kamis, 11 Januari 2018 | 15:17
  • Dibaca : 189 kali
Dewan Desak BUMD dan BUP Dievaluasi
ilustrasi

BATAM KOTA – DPRD Batam memberikan rekomendasi kepada Wali Kota Batam Muhammad Rudi untuk mengevaluasi kepengurusan di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Pelabuhan (BUP), karena tak berkontribusi dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) Batam.

Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto mengatakan, pihaknya melalui Komisi II selalu meminta laporan dari BUMD dan BUP atas kinerja yang sudah dilakukan dan pemasukannya bagi kas daerah selama setahun. Hasilnya badan usaha berpelat merah ini hanya menyumbangkan Rp1 miliar bagi PAD Batam di tahun 2017.

“Masih stagnan dan angka ini sangat kecil sekali. Padahal potensi pendapatan dari keduanya sangat besar sekali. Ini terus kami dorong untuk dilakukan evaluasi,” ujarnya di Batam Centre, Rabu (10/1/2018).

Dia mengatakan, Wali Kota harus serius mengkaji masalah ini agar dapat menambah pendapatan daerah dan tidak mempertahankan pimpinan BUMD dan BUP yang dinilai tidak mampu menggerakkan lembaga yang dipimpin secara baik dan maksimal.

Menurut dia, BUMD berjalan sendiri dengan menjual gas kepada PLN. Padahal dalam setiap penjualan gas tidak perlu melibatkan BUMD karena sudah memiliki rantai penjualannya yang jelas. Keikutsertaan BUMD dalam penjualan gas justru semakin menambah mata rantai penjualan yang berdampak pada peningkatan harga.

“BUMD sekarang jadi seperti calo gas. SDM-nya sekarang juga sangat terbatas. Hanya satu yang menggerakkan. Itu direktur utama, itu bendahara dan itu juga marketingnya,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com