SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dewan Koordinasi BPKP Tanggapi Hasil Audit Keuangan RSUD

  • Reporter:
  • Kamis, 7 Desember 2017 | 14:45
  • Dibaca : 54 kali
Dewan Koordinasi BPKP Tanggapi Hasil Audit Keuangan RSUD
ilustrasi

BATAM KOTA – Komisi IV DPRD Kota Batam akan berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kepri terkait hasil audit keuangan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam Riky Indrakari mengatakan, sistem tata kelola keuangan di RSUD sangat buruk dan berimbas kepada pembayaran pegawai. Padahal sebagai mitra kerja, DPRD Batam mematok alokasi dana sebesar 10 persen dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Barangkali LHP (laporan hasil pemeriksaan) BPK tahun 2016 lalu dapat menjawab, apa dan mengapa pelayanan RSUD menjadi bermasalah setakat ini,” ujarnya di DPRD Batam, Rabu (6/12/2017).

Buruknya pengelolaan keuangan RSUD berdasarkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kepri, dan kemudian berimbas kepada tak dibayarkan uang jasa dokter yang bertugas di rumah sakit pelat merah tersebut hampir selama setahun.

Seperti diketahui, BPK Kepri menemukan tidak adanya bukti laporan pertanggungjawaban atas penggunaan anggaran di RSUD Embung Fatimah sekira Rp1,39 miliar selama 2016. BPK juga menemukan adanya pelanggaran dan penyimpangan atas laporan keuangan pada Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Embung Fatimah. Penyebabnya antara lain, tidak adanya kartu stok barang di ICU serta di IGD yang tidak di-update sejak 2015 dan adanya selisih barang antara jumlah fisik dengan pencatatan pada sejumlah obat.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com