SINDOBatam

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dewan Minta Pemko Batam Bangun Bangun JPO

  • Reporter:
  • Senin, 17 April 2017 | 12:55
  • Dibaca : 550 kali
Dewan Minta Pemko Batam Bangun Bangun JPO
ilustrasi

BATUAJI – DPRD Batam meminta Pemko Batam melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam untuk segera membangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di sekitar SMKN 1 Batam.

Infrastruktur tersebut merupakan prioritas pembangunan tahun ini untuk mengantisipasi kecelakaan yang sering terjadi di lingkungan sekolah. “Saya sering menerima usulan ini dari wali murid,” kata anggota Komisi III DPRD Kota Batam, Jeffry Simanjuntak, Minggu (16/4).

Kawasan itu dinilai rawan terjadi kecelakaan karena kondisi jalan yang menikung. Khususnya ketika saat masuk dan pulang sekolah, siswa harus menyeberang jalan untuk menunggu angkutan umum. “Itu sangat berbahaya. Kalau jembatan ini sudah dibangun akan mengurangi resiko itu. Seperti jembatan di SMPN 3 Sekupang,” ujarnya.

Kepala Dishub Batam Yusfa Hendri mengatakan, pembangunan JPO akan segera dilaksanakan tahun ini dan telah dianggarkan dalam APBD Batam sebesar Rp1,9 miliar. Selain itu, menyusul ada lima titik lokasi lagi yang akan dilakukan Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan JPO pada tahun berikutnya.

Yusfa belum bisa memastikan waktu tepatnya karena harus melakukan sinkronisasi dan koordinasi dengan seluruh pihak terlibat, mulai dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, BP Batam juga dari pihak swasta seperti PGN dan ATB.

“Karena prosesnya lebih panjang dan banyak kepentingan, seperti median jalan kabarnya ada pergeseran untuk dilakukan pelebaran sehingga tidak bisa dipasang tiang JPO,” kata Yusfa.

Dia menambahkan, permintaan masyarakat untuk dilakukan pembangunan JPO tidak bisa diusulkan terus dianggarkan secara cepat, melainkan harus melewati beberapa kajian secara mendalam seperti melihat kebutuhan masyarakat serta memperhatikan struktur dari jalan. “Kami tahun ini tidak ada dapat bantuan dari provinsi. Tahun lalu pembangunan ada di SP Plaza Batuaji dan SMP 03 di Sekupang,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com