SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dewan Pendidikan Kunjungi Kantor KORAN SINDO BATAM

  • Reporter:
  • Selasa, 20 Juni 2017 | 13:51
  • Dibaca : 580 kali
Dewan Pendidikan Kunjungi Kantor KORAN SINDO BATAM
DPKB mengajak seluruh elemen untuk bersama mewujudkan pendidikan Batam yang bermutu saat berkunjung ke Kantor KORAN SINDO BATAM, kemarin. Foto agung dedi lazuardi

BATUAMPAR – Banyaknya permasalahan pendidikan di Batam seperti penerimaan peserta didik baru (PPDB), kekurangan lahan sekolah, pungutan liar (pungli), dan beberapa persoalan lainnya selalu terjadi setiap tahun.

Menyikapi hal ini, Dewan Pendidikan Kota Batam (DPKB) diharapkan bisa memberikan advis positif kepada pemangku kebijakan agar berbagi persoalan tersebut tidak berulang setiap tahunnya.

Secara kelembagaan, DPKB dituntut mampu mengawasi serta ikut berperan aktif dalam mewujudkan visi dan misi pendidikan di Batam yang lebih baik.

Ketua DPKB Sudirman Dianto mengatakan, mewujudkan pendidikan yang bermutu merupakan tantangan berat dan menjadi tugas bersama mengingat pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi juga seluruh masyarakat Batam. “Secara umum memang tugas pemerintah tapi secara moral menjadi tanggung jawab bersama,” kata Sudirman bersama rombongan DPKB saat berkunjung di Kantor KORAN SINDO BATAM, Senin (19/6).

Di bawah kepemimpinannya, Sudirman mengaku DPKB bertekad menjadi bagian terdepan bersama mitra kerjanya yaitu Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam dalam mewujudkan pelayanan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas, unggul, berbudaya dalam bingkai akhlak yang mulia. Untuk memaksimalkan peran, tugas dan fungsinya pihaknya mengaku telah merumuskan program kerja baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Dia menjelaskan, DPKB memiliki visi mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul, berbudaya dan berakhlak mulia. Guna mewujudkan hal itu semua tentu DPKB tidak hanya cukup menjalin kerja sama dengan Disdik saja, tapi juga akan menjalin kerja sama dengan semua pihak, termasuk media. “Karena media juga merupakan mitra kami, yang sama-sama memiliki tujuan dalam mencerdasakan masyarakat,” ujarnya.

Sudirman berharap ke depan hubungan baik dan kerja sama ini bisa terus terjalin dengan baik. Sehingga hal yang telah dirumuskan untuk pendidikan Batam yang lebih baik, bisa tercapai sesuai dengan harapannya.

Sebagai ilustrasinya, Indonesia dulunya merupakan salah satu negara sebagai rujukan pendidikan, khususnya negara-negara di Asia Tenggara. “Tapi saat ini kita tertinggal, karena itu untuk mengembalikan mutu pendidikan tentu menjadi tugas kita bersama,” katanya.

Redaktur KORAN SINDO BATAM, Slamet Widodo mengatakan masyarakat selama ini belum banyak mengetahui terkait keberadaan DPKB. “Ini menjadi tantangan lembaga itu untuk supaya bisa dikenal masyarakat mengingat DPKB mempunyai peran penting dalam mengawasi ataupun memberikan masukan kepada pemerintah,” kata Widodo.

Salah satu hal yang tak bisa dilewatkan oleh DPKB adalah juga memberikan perhatian kepada guru, baik guru sekolah negeri ataupun swasta. “Karena guru adalah ujung tombak pendidikan,” ujarnya.

Ke depannya, DPKB juga harus memiliki peran lebih, bukan hanya sekadar memberikan masukan namun juga memiliki daya tekan kepada pemangku kebijakan jika ada kebijakan pemerintah tidak sejalan dengan pendidikan yang diharapkan. “DPRD memang memiliki komisi untuk pengawasan pendidikan, tapi ini dirasa belum cukup, karena itulah dibutuhkan peran DPKB,” katanya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com