SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dinkes Siapkan Tenaga Medis di Posko Mudik

  • Reporter:
  • Kamis, 23 Mei 2019 | 11:10
  • Dibaca : 111 kali
Dinkes Siapkan Tenaga Medis di Posko Mudik
Ilustrasi Foto Teguh Prihatna.

PINANG – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana menjamin pelayanan kesehatan di rumah sakit di seluruh daerah akan berjalan normal dan tetap siaga selama libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 ini. Pihaknya juga menyiapkan tenaga medis di posko-posko mudik, di pelabuhan, bandara dan lokasi mudik lainnya di Kepri.

“Untuk pelayanan rumah sakit di Kepri tetap akan beroperasi seperti biasa dan UGD juga akan tetap kita arahkan buka selama 24 jam,” ujar Tjetjep di Dompak, Tanjungpianang, Rabu (22/5).

Selain itu, pemerintah kabupaten/kota diharapkan dapat memberlakukan kebijakan dengan tetap memberikan pelayanan kesehatan maksimal di puskesmas-puskesmas selama libur Idul Fitri nantinya. “Kita harapkan untuk semua puskesmas juga tetap beroperasi seperti biasa. Untuk jadwal masuk atau yang jaga bisa dijadwalkan seperti tahun-tahun sebelumnya di mana ada yang piket secara bergilir,” katanya.

Tjetjep juga menyampaikan, selama musim mudik Lebaran Dinkes Provinsi Kepri dan Kantor Kesehatan Pelabuhan juga akan menempatkan beberapa tim medis di setiap pelabuhan, bandara yang ada di wilayah Provinsi Kepri. “Di pos mudik ini disiapkan tim yang terdiri dari dokter, perawat, mobil ambulans dan tim evakuasi lainnya, yang bergabung dengan tim kesehatan pelabuhan,” ujarnya.

Tim medis kesehatan di posko mudik Lebaran ini tambahnya akan mulai aktif pada H-5 Idul Fitri dan nantinya tim ini akan beroperasi hingga H+14 Idul Fitri. Hal ini terangnya merupakan hal biasa dilakukan Pemprov Kepri setiap menjelang perayaan Idul Fitri. “Kita setiap tahun menyiapkan tim medis dengan berkoordinasi dengan pihak keamanan di pelabuhan dan bandara dalam mudik Lebaran Idul Fitri,” tegasnya.

Selama ini, tambahnya, tim medis lebaran tidak pernah menghadapi hal-hal yang merepotkan dan masalah. Dimana hanya menangani pemudik yang sakit ringan saja. Sedangkan untuk di bandara sama sekali tidak menemui hambatan sama sekali. Sebab, pemudik yang melalaui bandara sudah sangat tertib, tidak dengan di pelabuhan yang akan naik kapal harus berdesak-desakan. “Kita mengharapkan arus mudik tahun ini akan berjalan lancar dan tidak ada yang dapat menggangu arus mudik, sehingga semua dalam keadaan sehat dan selamat,” harapnya.

sutana

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com