SINDOBatam

Feature+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Disambut Atraksi Kompang dan Silat, Wisman Filipina Nikmati Pesona Batam di Awal 2020

  • Reporter:
  • Rabu, 1 Januari 2020 | 17:54
  • Dibaca : 159 kali
Disambut Atraksi Kompang dan Silat, Wisman Filipina Nikmati Pesona Batam di Awal 2020

DANNIS dan Yasmin, dua Warga Negara Filipina menjadi wisatawan mancanegara (wisman) pertama yang mengunjungi Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (1/1/2020). Mereka disambut langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin.

FADHIL, BATAM

Kapal feri Majestic mulai merapat  di Pelabuhan Internasional Sekupang, Batam, Rabu (1/1/2020) pagi. Seketika, suara tabuhan kompang mulai riuh. Ramai penumpang yang turun dari kapal rute Singapura-Batam tersebut. Di antara mereka, ada Dannis dan Yasmin.

Melihat keramaian di luar kapal, Dannis dan Yasmin sontak melemparkan senyum. Sejurus kemudian, pasangan suami-istri itu melangkah ke arah keramaian. Suara tabuhan kompang makin keras terdengar. Kemeriahan bertambah ketika atraksi silat juga muncul di keramaian itu.

Kemeriahan itu merupakan atraksi yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam yang menyambut wisatawan mancanegara yang datang ke Batam di awal tahun.

Lebih spesial, saat Sekda Batam Jefridin mengalungkan bunga dan memasangkan tanjak kepada wisman ini.

“Kami beruntung menjadi orang asing pertama datang ke Batam,” ujar Dannis.

Kunjungannya ke Batam ini menjadi kunjungan ketiga kalinya ke kota yang sedang fokus menata sektor pariwisata ini. Bersama istrinya, Dannis mengaku ke Batam untuk menikmati beberapa destinasi yang ada di Batam.

“Untuk kali ini, kami akan pergi ke tempat spa,” kata dia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata mengatakan, kegiatan menyambut wisman pertama di awal tahun merupakan event rutin. Di tahun 2020 ini, sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena kali ini pihaknya menampilkan atraksi silat.

“Silat ini sendiri merupakan salah satu item yang ada di Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Batam yang sudah kita daftarkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nah, silat ini untuk menyambut tamu,” katanya.

Kemudian untuk tahun ini, pihaknya sudah menyiapkan 136 event pariwisata (calender of event) di sektor kuliner, olahraga, budaya, dan sebagainya. Di tahun ini juga, Pemko Batam mempunyai kegiatan baru yang berskala internasional.

“Tahun ini juga kita mempunyai event annual (rutin tahunan) yaitu Batam Tourism International Marching Championship, ini event yang luar biasa. Sebelumnya kita pernah kompetisi marching band di Kota Batam namun yang ini (Batam Tourism International Marching Championship) luar biasa dan berskala internasional. Setiap tahun akan dilanjutkan,” terangnya.

Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekfar) yang menetapkan acara unggulan Batam yakni Kenduri Seni Melayu (KSM) ke-22 tahun 2020 masuk dalam 100 calender of event (CoE) Indonesia atau 100 agenda kalender pariwisata Indonesia.

Ardi menegaskan, Pemko Batam terus mempercantik kota ini untuk mendukung kunjungan wisatawan. Yakni, membangun aksesibilitas berupa pembangunan jalan yang tengah dibangun oleh Wali Kota Batam, Muhamad Rudi, sehingga wisman merasa nyaman dan lebih banyak mengunjungi destinasi wisata.

“Kalau dulu mungkin hanya dua tempat yang bisa dikunjungi. Tapi sekarang bisa sampai empat atau lima tempat karena aksesnya sudah bagus,” kata dia.

Kemudian, amenitas atau fasilitas penunjang pariwisata juga berperan penting meningkatkan kunjungan wisatawan. Ia berterima kasih kepada stakeholder lain terkait yang turut membantu Pemko Batam untuk mencukupi layanan di bidang kesehatan seperti rumah sakit, di bidang transportasi, akomodasi, terminal feri dan sebagainya.

Terakhir, yakni aktraksi. Ardi mengatakan, wisman mempunyai banyak pilihan menentukan destinasi wisata di Kota Batam, di antaranya wisata belanja, kuliner, dan spa. “Yang luar biasa adalah MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition/pertemuan, insentif, konvensi dan pameran) saya sudah menghadiri beberapa kali peluncuran produk kecantikan, kesehatan yang meeting-nya di Batam. Dan salah satunya tempat spa yang menjadi favorit wisman,” ujarnya.

Sejalan dengan penyambutan wisman pertama, Pemko juga meresmikan Kantor Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Batam di Pelabuhan Internasional Sekupang. Sekda Batam, Jefridin juga menyempatkan meninjau kantor BPPD tersebut.

***

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com