SINDOBatam

Terbaru Spirit+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Disdukcapil Cetak 500 KIA

  • Reporter:
  • Jumat, 6 Juli 2018 | 11:59
  • Dibaca : 107 kali
Disdukcapil Cetak 500 KIA
ilustrasi KIA.

KARIMUN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun hingga kemarin telah mencetak 500 Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Karimun. Ditargetkan pada akhir tahun 2018 mendatang ada sekitar 20.000 KIA dapat tercetak untuk anak- anak usia 5-16 tahun.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Karimun Muhammad Tahar mengatakan, saat ini pihaknya telah memiliki sekitar 20.000 blangko KIA yang akan digunakan untuk pencetakan pada di tahun 2018.

“Kami ada sekitar 15 ribu sampai 20 ribu blangko. Untuk tahap awal ini, kami akan cetak 500 KIA dulu,” ujarnya, kemarin.

Pencetakan KIA masih menggunakan alat yang sama digunakan untuk cetak KTP. Sehingga pihaknya masih mendahulukan pencetakan KTP, baru kemudian mencetak KIA.

“Printernya masih sama yang kami gunakan untuk cetak KTP. Kami rencananya akan membeli printer khusus untuk KIA, sayang apabila menggunakan printer KTP,” katanya.

Tahar menambahkan, Disdukcapil Karimun akan prioritas pencetakan KTP yang masih tersisa sekitar 2.000 lembar. Setelah itu, baru akan mencetak KIA secara bertahap.

“KIA ini tidak wajib, sehingga kami dulukan yang KTP, baru kami siapkan KIA,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini kebutuhan terhadap KIA masih belum terlalu nampak, sehingga masih belum terlalu menarik minat masyarakat. “Sehingga masyarakat belum mengurusnya. Apabila memang masyarakat memang membutuhkan dapat langsung datang ke Kantor Disdukcapil Karimun,” kata Tahar.

KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik kepada anak. Syarat dalam pengurusan KIA hanya membutuhkan Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran. Selain itu, pembuatan KIA juga tidak dipungut biaya.

Dengan diterapkan KIA di Karimun nantinya diyakini dapat mempermudah administrasi anak, seperti dalam pembuatan buku bank dan pendaftaran sekolah.

“Kami juga akan bekerja sama dengan perusahaan pelayaran, dimana anak-anak maupun pelajar yang akan bepergian menggunakan angkutan laut harus menggunakan KIA. Jadi apabila anak tidak memiliki KIA tidak dilayani, dan manfaatnya dapat mencegah terjadi kasus trafiking,” katanya. ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com