SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dishub Batam Akan Bangun 20 Halte

  • Reporter:
  • Senin, 20 Maret 2017 | 13:33
  • Dibaca : 576 kali
Dishub Batam Akan Bangun 20 Halte
Salah satu halte di kawasan Batuampar. Foto Teguh Prihatna.

SEKUPANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam berencana akan menambah halte baru guna mengakomodir trayek baru bus Trans Batam, Jodoh-Telagapunggur. Dengan koridor baru itu, saat ini jumlah trayek bus Trans Batam menjadi delapan. “Rencana akan menambah 20 titik halte lagi,” kata Kepala Dishub Batam Yusfa Hendri, Minggu (19/3).

Penambahan 20 titik halte tersebut terbagi di tiap wilayah yang menjadi rute bus Trans Batam. Seiring dengan rencana pemerintah dalam melanjutkan proyek pelebaran jalan, pembangunan halte diutamakan dibangun di wilayah Jodoh-Nagoya. “Sekitar empat sampai lima halte yang akan dibangun di wilayah tersebut, karena terkena pelebaran jalan,” ujarnya.

Selain itu, Dishub juga berencana akan merelokasi atau memindahkan tiga halte yang terkena dampak pelebaran jalan dan pembangunan lengan jalan, karena menyebabkan pengguna jalan terganggu dan cukup menghambat arus lalu lintas.

“Seperti halte di Dutamas, itu cukup menggangu arus lalu lintas makanya akan dipindahkan,” katanya.

Saat ini yang menjadi hambatan adalah, tidak tersedianya cukup lahan untuk membangun halte. Sehingga Bus Tras harus berhenti di badan jalan utama atau yang biasa digunakan pengendara. “Seharusnya tidak seperti itu,” kata Yusfa.

Menurut dia, pembangunan halte harus ada jalan khusus dan pemberhentian bus Trans Batam, sehingga tidak mengganggu pengguna jalan atau lalu lintas tetap lancar. Namun apabila tidak memungkinkan untuk membuat jalan untuk menuju halte pihaknya akan memberikan rambu-rambu lalu lintas.

“Kalau memang harus memakan badan jalan utama, kami akan beri rambu-rambu tempat bus Tras Batam berhenti,” ujarnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com