SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Diterget Naikkan Ekonomi 7%, Lukita Akan Bersinergi dengan Rudi

  • Reporter:
  • Jumat, 20 Oktober 2017 | 15:00
  • Dibaca : 122 kali
Diterget Naikkan Ekonomi 7%, Lukita Akan Bersinergi dengan Rudi
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyalami Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo.

JAKARTA – Pertumbuhan ekonomi Batam yang sempat merosot di bawah 2 persen pada semester I/2017 ditargetkan naik menjadi 7 persen dalam dua tahun ke depan. Pimpinan baru Badan Pengusahaan (BP) Batam dituntut mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi tersebut untuk mengembalikan kejayaan Batam.

“Ke depan, BP Batam yang baru harus mengupayakan menciptakan ekonomi Batam yang berdaya saing dan maju. Dalam dua tahun ke depan hendaknya dapat mengembalikan Batam sebesar 7 persen,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution selaku Ketua Dewan Kawasan (DK) Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (PBPB) Batam saat melantik pimpinan baru BP Batam di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Kamis (19/10).

Menurut Darmin, saat ini Batam sudah tak punya lagi daya tarik dibanding kawasan sejenis di wilayah ASEAN. Terutama di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang memberikan pembebasan atas bea masuk barang-barang produksi dari ASEAN ke wilayah Indonesia. Padahal sebelumnya daya tarik Batam ada pada fasilitas bea masuk dan pajak pertambahan nilai.

“Dengan diperolehnya fasilitas yang sama melalui MEA, mereka malah lebih mudah masuk ke wilayah kepabeanan Indonesia. Sedangkan dari Batam ada keterbatasan, karena memang FTZ Batam ditujukan untuk mengekspor ke negara lain,” katanya. (oktiani endarwati)

Selengkapnya baca KORAN SINDO BATAM

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com