SINDOBatam

Feature+

Hattrick+

Jungkir Balik+

DONASI LAWAN COVID-19 DI BATAM: Tembus Rp12,5 Miliar, Bantuan Alat Medis Didistribusi

  • Reporter:
  • Minggu, 22 Maret 2020 | 22:46
  • Dibaca : 296 kali
DONASI LAWAN COVID-19 DI BATAM: Tembus Rp12,5 Miliar, Bantuan Alat Medis Didistribusi
Penyerahan bantuan alat medis dari gerakan Donasi Lawan Covid-19 di Batam ke Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Sabtu (21/3). /ist

BATAM – Gerakan Donasi Melawan Covid-19 di Batam terus bertambah. Hingga Minggu (22/3) malam, gerakan telah mengumpulkan donasi senilai Rp12.515.300. Bantuan alat medis sudah diserahkan ke Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam dan langsung didistribusi untuk digunakan.

Total donatur hingga Minggu (22/3) malam sudah sebanyak 210 orang dari berbagai kalangan masyarakat Kota Batam. Sumbangan bisa disalurkan melalui rekening a.n Donasi Covid-19 Batam, dengan nomor rekening BNI 12-9991 2882.

Penggalangan dana dimulai sejak Rabu (18/3/2020). Penggalangan dana diinisiasi oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kepri dan Batam, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kepri dan Yayasan Buddha Tzu Chi Batam.

Dari donasi ini, dana akan digunakan untuk mendatangkan peralatan medis untuk penanganan dan pencegahan korona di Batam. Alat itu antara lain Sar-COV 2 Strep sebanyak 500 pieces, Rapid Test sebanyak 1.000 pieces, APD 500 pieces, dan N-Cov test sebanyak 1.000 pieces. Hal terpenting pengusaha yang ada di Batam ini juga akan menghadirkan mesin Polymerase Chain Reaction ( PCR), mesin pendeteksi COVID-19 yang memang saat ini belum dimiliki BTKLPP Batam.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam langsung mendistribusikan alat medis untuk penanganan corona virus disease (Covid-19) bantuan yang diberikan oleh para pengusaha dan masyarakat Batam yang disumbangkan lewat gerakan Donasi Lawan Covid-19 di Batam. Alat medis tersebut didistribusikan ke puskesmas-puskesmas dan rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam, Azril Apriansyah mengatakan alat-alat medis tersebut sudah distribusikan sejak kemarin setelah diserahkan pengusaha Batam. Dengan bantuan alat tersebut diharapkan bisa meminimalisir penularan Covid-19, khususnya bagi tenaga medis.

“Pengusa kemarin (Sabtu) menyerahkan bantuan alat berupa PCR (polymerase chain reaction), untuk mendeteksi apakah terkena corona atau tidak,” kata Azril, Minggu (22/3).

Pengusaha juga memberikan bantuan berupa alat pelengkap untuk pengujian menggunakan PCR. Sementara ini jumlah yang ada sebanyak 30 unit. Akhir April rencananya ditambah lagi menjadi 500 unit. Dan selanjutnya dilengkapi hingga 3.000 unit.

Bantuan lain yang diberikan yakni 500 unit alat pelindung diri (APD). Pakaian pelindung diri untuk tenaga medis ini rencananya akan diberikan sampai 5.000 set. Bantuan dari pelaku usaha tersebut merupakan komitmen bersama untuk melawan Covid-19.

“Ini hanya tahap awal. Rencana pengusaha akan tambah lagi sekitar 4.500,” ujarnya.

Selain itu pengusaha juga akan membeli 10.000 rapid test. Alat deteksi dini kemungkinan seseorang terserang virus corona. Sebelum melanjutkan ke tes dengan PCR.

Presiden Direktur PT Sat Nusapersada dan Ketua Dewan Pertimbangan/Kehormatan Apindo Kepri, Abidin Hasibuan mengatakan pihaknya terus mengajak pengusaha di Batam untuk sama-sama membantu pemerintah melawan Covid-19.

“Kami targetkan dua minggu ke depan bisa Rp20 miliar dan kami optimitis bisa,” kata Abidin dalam konferensi pers di Batam Center, Jumat (20/3).

Abidin menjelaskan donasi yang terkumpul tersebut juga akan dibelikan masker, alat pelindung diri (APD) tenaga medis dan alat-alat lainnya. Alat-alat tersebut didatangkan dari Singapura dan China, yang nantinya akan diserahkan kepada Pemko Batam untuk pendistribusiannya.

“Alat-alat itu penting khususnya bagi tenaga medis di rumah sakit. Kita semua berharap mudah-mudahan Batam hanya ada satu pasien yang positif,” katanya.

Covid-19 merupakan bencana nasional. Karena itu ia mengajak para pelaku usaha untuk turut membantu pemerintah bagaimana mencegah virus tersebut tidak menyebar ke Batam. Dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk mengatasi bencana yang terjadi di hampir semua negara tersebut,

“Kami sudah komitmen bersama untuk bersatu melawan Covid-19. Saya harap masyarakat bisa mengikuti imbauan dari pemerintah,” katanya. ahmad romadi/chandra gunawan

 

Berikut nama-nama donator Donasi Lawan Covid-19 Batam: 

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com