SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dongkrak Pajak Kendaraan, 60 Kendaraan Plat Luar Diberi Teguran

Dongkrak Pajak Kendaraan, 60 Kendaraan Plat Luar Diberi Teguran

BATAM KOTA – Dinas Pendapatan (Dispenda) Kepri bersama Satlantas Polresta Barelang dan Jasa Raharja menggelar razia di depan pertokoan Edukits, Batam Centre, Selasa (18/4). Hasilnya, 60 pengendara yang mengendarai kendaraan menggunakan plat nomor polisi luar Batam diberikan teguran.

Pantauan KORAN SINDO BATAM, razia yang digelar sejak pukul 09.00 hingga 11.00 ini tampak sibuk menjalankan tugas masing-masing, mulai dari menepikan kendaraan, melakukan pemeriksaan hingga melakukan peneguran.

Kasat Lantas Polresta Barelang Kompol Andar Sibarani, dalam razia kali ini pihaknya hanya sebatas mengamankan saja. “Yang memeriksa dokumen kendaraan adalah petugas Dispenda Kepri,” ujarnya.

Kepala Seksi Penetapan Dispenda Kepri Sarifudin mengatakan, razia dilaksanakan karena banyaknya kendaraan di Batam yang berasal dari luar. Apalagi, saat ini volume kendaraan sangat padat. “Makanya kami menggelar razia ini,” ujarnya.

Selama razia, 60 kendaraan terjaring dan diberikan teguran. Selain peneguran Dispenda juga memberikan solusi tempat pembayaran untuk membayar mutasi guna pengurusan pajak kendaraannya.

Proses mutasi kendaraan biasanya dari kota asal. Kepolisian daerah asal akan memberikan tempo waktu pengurusan dokumen kendaraan maksimal tiga bulan dan pengurusan mutasi prosedurnya paling lama memakan waktu satu bulan. “Kendaraan luar Batam harus di mutasi, agar kita mendapatkan pajak dari kendaraan itu,” ujarnya.

Dalam tahun ini, razia serupa akan dilakukan di beberapa tempat dan waktunya tidak menentu. “Tahun ini kami akan menggelar 16 kali razia dan hari ini (kemarin) operasi yang pertama,” kata Sarifudin.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com