SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dongkrak Pendapatan Pajak Reklame, 882 Titik Reklame Akan Dipasang QR Code

  • Reporter:
  • Selasa, 10 September 2019 | 10:59
  • Dibaca : 62 kali
Dongkrak Pendapatan Pajak Reklame, 882 Titik Reklame Akan Dipasang QR Code
Titik papan reklame di kawasan Batam Centre, beberapa waktu lalu. BP2RD Batam akan memasang QR Code di setiap papan reklame untuk mempermudah pengawasan dan meningkatkan pendapatan pajak reklame. f dok sindo batam

BATAMKOTA – Pemko Batam terus memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak dan retribusi. Salah satunya pendapatan Pajak Reklame. Untuk meningkatkan pendapatan, setiap reklame resmi yang ada di Batam akan dipasang QR Code (Quick Response Code).

Data yang dihimpun, pendapatan Pajak Reklame pada semester pertama baru terealisasi Rp5 miliar dari target Rp11 miliar atau 47 persen. Dengan pemasangan QR Code, selain untuk memudahkan dalam pengawasan juga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dari pajak reklame. Nantinya ada sekitar 882 titik reklame yang akan dipasang QR Code.

Sekretaris Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Aditya Guntur Nugraha mengatakan, saat ini pihaknya masih menyiapkan teknisnya. Pasalnya pemasangan QR Code akan bekerjasama dengan pihak ketiga. Pemasangan QR Code dilakukan Pemko Batam juga untuk memudahkan wajib pajak.

“Kami masih menyiapkan, hari ini (kemarin) vendornya datang lagi untuk menyampaikan progresnya,” ujarnya, Senin (9/9).

Dengan adanya QR Code tersebut, nantinya BP2RD Kota Batam akan lebih mudah melakukan pengawasan, karena reklame-reklame yang tidak ada QR Code-nya sudah otomatis ilegal. Sehingga BP2RD juga akan lebih mudah dalam hal melakukan tindakan di lapangan.

Aditya menambahkan, pihaknya juga tegah berkoordinasi dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam dan Badan Pegusahaan (BP) Batam. Sebab untuk tata ruang dan juga lahan titik pengalokasian reklame harus berkerjasama dengan dinas tersebut dan BP Batam.

“Saat ini ada sekitar 882 titik reklame, tapi nanti akan kami finalisasikan lagi. Karena ada beberapa yang kena pelebaran jalan dan lain sebagainya, jadi akan kami koordinasikan dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam dan BP Batam,” katanya.

BP2RD Kota Batam menargetkan pemasangan QR Code dimulai pada September ini, sehingga untuk tahun 2020 mendatang bisa direalisasikan seluruh reklame. Kemudian juga akan segera melakukan sosialisasi kepada para pelaku usaha dan wajib pajak yang ada di Batam.

“Oktober nanti akan kami sosiliasikan, mudah-mudahan akhir September QR Code sudah bisa mulai dipasang,” jelasnya.

Sebelumnya, BP Batam segera menata ulang pemasangan sejumlah reklame di sejumlah wilayah Batam guna membenahi estetika kota. Hal ini ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kota yang bersih, indah dan hijau. Rencananya penertiban ini akan dilakukan awal September. BP Batam saat ini masih melakukan sosialisasi kepada pengusaha reklame.

“Tim gabungan penertiban reklame baik reklame digital atau konvensional sudah ditandatangani oleh Plt Anggota 4/Deputi bidang Pengusahaan Sarana Lainnya BP Batam. Sebelum itu, kami melaksanakan sosialisasi kepada pengusaha dan asosiasi,” kata Direktur Pembangunan Prasarana dan Sarana BP Batam, Purnomo Andiantono.

Andiantono menjelaskan, penertiban reklame diatur dalam Peraturan Kepala BP Batam Nomor 7 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan Pengalokasian Lahan. Di mana penertiban terhadap setiap penyelenggara reklame dalam beberapa kondisi. Pertama, tidak memiliki izin penempatan reklame atau telah dicabut oleh BP Batam.

Kedua, masa berlaku izin reklame telah habis dan tidak diperpanjang. Ketiga, dimensi kontruksi reklame tidak sesuai izin. Keempat, penempatan reklame tidak sesuai pada titik reklame yang telah ditetapkan dalam penetapan lokasi reklame. Kelima, Konstruksi tidak dirawat dengan baik sehingga berbahaya bagi pengguna jalan. “Perkiraan bulan depan bisa terlaksana penertibannya,” katanya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com