SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dorong Pariwisata Penggerak Ekonomi Kepri

  • Reporter:
  • Senin, 2 September 2019 | 11:30
  • Dibaca : 87 kali
Dorong Pariwisata Penggerak Ekonomi Kepri

BATUAMPAR – Pemprov Kepri mengajak semua komponen masyarakat untuk tak ragu menjadikan pariwisata sebagai penggerak utama ekonomi Kepri. Kabupaten/kota juga saling mendorong dan mendukung agar pariwisata daerahnya makin maju dan menjadi destinasi yang dituju.

“Keberhasilan ini berkat dukungan semua komponen. Perjuangan semua steakholder, perjuangan pelaku pariwisata baik asosiasi, travel agen dan lainnya mendukung bagaimana Kepri supaya berkembang dan membuat daya tarik sehingga wisatawan terus berdatangan,” kata Sekda Provinsi Kepri TS Arif Fadillah saat Malam Anugerah Pariwisata Kepri di Hotel Pacific Palace, Sabtu (31/8).

Arif mengatakan, segala potensi wisata ada di Kepri. Misalnya Natuna dan Anambas dengan keindahan alamnya. Atau Lingga dengan budaya dan sejarahnya. Batam, Bintan, Tanjungpinang dan Karimun juga semakin banyak dituju wisatawan.

“Kepri memang memprioritaskan pariwisata. Karena pertumbuhan ekonomi Kepri juga sangat didorong kuat sektor ini,” ujarnya.

Selain event-event yang diselenggarakan pemerintah, Arif mengajak para pelaku untuk mengemas berbagai event menjadi semakin mempesona agar wisatawan berkali-kali datang dan berlama-lama di Kepri.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Guntur Sakti mengajak masyarakat Kepri untuk bersyukur dan bangga dengan pariwisata. Karena pada semester pertama 2019 angka kunjungan wisatawan Kepri berada di posisi kedua setelah Bali. “Mari terus dipertahankan,” ajak Guntur.

Meski kini di posisi kedua, Guntur berpesan agar Kepri jangan berpuas diri. Teruslah bergerak untuk semakin memajukan pariwisata.

Apalagi kini poros-poros baru tujuan pariwisata terus berkembang. Kawasan ini seperti menjadi “musuh” Kepri dalam menarik wisatawan asing datang. Mereka antara lain adalah Labuhan Bajo, Danau Toba, Mandalika dan Borobudur. “Untuk Kepri fortopolio pariwisatanya jangan diragukan lagi. Karena itu mari menjadikan pariwisata sebagai mesin penggerak ekonomi,” kata mantan Kadis Pariwisata Kepri.

Malam Anugera Pariwisata ini juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak. KORAN SINDO BATAM menjadi salah satu penerima penghargaan.

Melalui penghargaan tersebut Pemprov Kepri berharap menjadi motivasi bagi para pelaku pariwisata di Kepri, untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas. Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan dan direncananakan akan rutin setiap tahun. .

Adapun kategori penerima penghargaan Malam Anugerah Pariwisata Kepulauan Riau, antara lain destinasi wisata alam dan bahari, destinasi wisata sejarah dan budaya, event (alam, budaya, artifisial), CEO Commitment, asosiasi pariwisata, community based tourism, akademisi peduli pariwisata, media, insan berdikari, serta hotel dan resort.

Kepala Dispar Kepri Buralimar mengatakan, anugerah ini diharapkan menjadi motivasi bagi para pelaku pariwisata di Kepri untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas.

“Mudah-mudahan ini bisa memberikan motivasi bagi kita semua. Saya berharap dapat menumbuhkan kembali kecintaan masyarakat terhadap wisata daerah sendiri. Kita harus bangga dengan atraksi atau destinasi yang kita miliki,” katanya. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com