SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dorong Pelabuhan Rakyat Pintu Masuk Bahan Pokok

  • Reporter:
  • Rabu, 9 Oktober 2019 | 14:49
  • Dibaca : 65 kali
Dorong Pelabuhan Rakyat Pintu Masuk Bahan Pokok
Ilustrasi. /DOK SINDO BATAM

BELAKANGPADANG – Pemerintah Kota (Pemko) Batam berharap pelabuhan rakyat sebagai pintu masuk bahan pokok. Langkah tersebut agar dapat membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat dan memghindari terjadinya inflasi.

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad mengatakan pintu masuk yang berkenaan dengan kebutuhan masyarakat dapat dimanfaatkan dengan mengindahkan aturan yang ada.

“Ada delapan pelabuhan rakyat yang sering digunakan untuk aktivitas barang seperti itu. Kami ingin ini diformalkan, dijaga baik, ada petugas agar barang yang masuk memang barang yang kita perlukan,” ujarnya usai memimpin rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (8/10).

Pada kesempatan ini, ia meminta kepada jajaran TPID untuk tetap menjalankan program-program yang sudah ada. Seperti pasar murah TPID yang menggandeng distributor untuk jual langsung ke masyarakat di tiap kecamatan dan bazar sembako murah yang dilakukan Pemko Batam setiap dua kali dalam satu tahun.

“Kami juga udah siapkan pasar TPID di Grand Niaga Mas, harganya murah,” ujarnya.

Sebelumnya, ia meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menjaga agar harga di pasar TPID stabil. “Saya sudah meminta kadisnya (Kepala Disperindag Batam, Gustian Riau) untuk terus mengawal harga di pasar TPID. Saya dengar ada petugas Disperindag di sana,” katanya.

Amsakar menyampaikan inflasi harus terjaga stabil. Tak boleh terlalu tinggi, juga tak baik terlalu rendah. Meski ketika inflasi naik mengindikasikan daya beli masyarakat yang menurun. Dan kondisi deflasi menunjukkan harga-harga barang yang turun sehingga meningkatkan daya beli masyarakat.

“Penting bagi kita menjaga kestabilan inflasi. Rendah pun tak baik. Kita harus berada di titik normatif 3,5 (persen). Selama masih di antara itu, artinya daya beli masyarakat stabil,” ujarnya. iwan sahputra

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com