SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

DPRD Cium Indikasi Manipulasi SKTM

  • Reporter:
  • Kamis, 5 Juli 2018 | 09:47
  • Dibaca : 275 kali
DPRD Cium Indikasi Manipulasi SKTM
Anggota DPRD Batam Udin P Sihaloho

BATAM KOTA – DPRD Kota Batam menemukan dugaan praktik curang dalam PPDB di SMPN 6 Seipanas, sekolah rujukan.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Batam Udin P Sihaloho menyebut terdapat siswa dari Kecamatan Batuajii dan Sagulung yang masuk lewat jalur anak kurang mampu.

Temuan itu mengindikasikan ada orang tua memanfaatkan jatah penerimaan murid baru untuk anak kurang mampu sebesar 20 persen dengan memakai surat keterangan tidak mampu (SKTM). Orang tua diduga memanipulasi SKTM demi anaknya bisa diterima.

“Apakah di seputaran Seipanas tidak ada yang lebih miskin. Apalagi di Bengkong Indah banyaknya penduduk yang tinggal dirumah liar,” kata dia.

Ditambah lagi siswa yang berasal dari dua daerah itu nilainya rendah, hanya 59. Menurutnya, status miskin tidak dijadikan satu-satunya pertimbangan di jalur miskin.

“Meskipun dia miskin bukan untuk dibanggakan, makanya perlu dilihat lagi nilainya maupun prestasi apakah pantas,” sebut dia.

Sesuai syarat dan aturan, anak dari keluarga kurang mampu harus menyertakan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta menunjukkan SKTM untuk mendaftar.

“Ini akan kita panggil nanti dan menjadi catatan. Yang diterima 288. Jika lebih akan kita laporkan,” kata dia.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com