SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

DPRD Pertanyakan Anggaran Dewan Pendidikan Rp1,2 miliar

  • Reporter:
  • Jumat, 14 September 2018 | 14:56
  • Dibaca : 249 kali
DPRD Pertanyakan Anggaran Dewan Pendidikan Rp1,2 miliar
Anggota DPRD Batam Udin P Sihaloho

BATAM KOTA – Badan Anggaran (Banggar) DPRD Batam menanyakan perubahan anggaran untuk Dewan Pendidikan Batam dari Rp154 juta menjadi Rp1,2 miliar dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2018.

Anggota Banggar DPRD Kota Batam Udin P Sihaloho mengatakan, Komisi IV sebagai mitra kerja dari Dinas Pendidikan (Disdik) tidak pernah memberikan alokasi dana Dewan Pendidikan sebesar Rp1,2 miliar di APBD murni tahun 2018.

“Ketika rapat Banggar membahas APBD Perubahan ini, Dewan Pendidikan menerima dana 1,2 miliar,” ujarnya di Batam Centre, Kamis (13/9/2018).

Ia mengatakan, pada pembahasan APBD murni tahun 2018 yang dilakukan di tahun 2017, Dewan Pendidikan menerima anggaran Rp154 juta melalui Disdik Batam. Sementara anggaran Rp1,2 miliar yang diterima berasal dari dana hibah yang dikucurkan melalui Bagian Kesra Setdako Batam.

“Ini jelas temuan dan pelanggaran. Mereka mengubah Perda APBD 2018 untuk memark-up lewat Dinas Pendidikan,” katanya.

Mantan Kepala Disdik Batam Muslim Bidin, menurut dia, adalah orang yang harus bertanggung jawab atas perubahan anggaran tersebut. Karena penyusunan dan pembahasan anggaran dilakukan pada tahun 2017 lalu, saat Muslim masih aktif sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Oleh sebab itu, sebelum jadi temuan hukum agar kembalikan anggaran itu. Ini masih satu yang dicek. Banyak alokasi dana hibah tidak sesuai mekanisme dan aturan,” jelasnya.

Ia menambahkan, terbentuknya Dewan Pendidikan tidak sejalan dan tidak mengacu dengan Peraturan Daerah (Perda) yang ada. Lembaga itu juga dinilai tidak memberikan kontribusi yang baik bagi dunia pendidikan di Kota Batam.

“Ada apa dengan Dewan Pendidikan. Kepala Disdik yang lama Muslim Bidin harus bertanggung jawab atas ini. Komisi IV tidak pernah membahas anggaran itu,” katanya.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Batam Abdul Malik yang dikonfirmasi melalui handphone belum memberikan jawaban, begitu juga dengan pesan singkat yang dikirim. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com