SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Drone Race Competition Buka Wonderful Sail to Bintan

  • Reporter:
  • Senin, 5 November 2018 | 10:08
  • Dibaca : 101 kali
Drone Race Competition Buka Wonderful Sail to Bintan
Para peserta Drone Race Competition sedang serius mempersiapkan diri untuk melakukan balapan, Minggu (4/11). f novel

BINTAN – Ratusan wisatawan lokal maupun mancanegara yang berlibur ke Lagoi Bay dibuat terpukau dengan suara yang meraung-raung di udara, tepatnya di sirkuit balapan udara, Minggu (4/11) di samping Plaza Lagoi, Bintan. Puluhan drone yang dikendalikan oleh para peserta dari berbagai negara meliuk-liuk dengan kecepatan 200 kilometer per jam.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perhelatan Wonderful Sail to Bintan kali ini dibuka dengan lomba yang asing dan belum terlalu familiar di Indonesia, Drone Race Competition.

“Suaranya seperti balapan tamiya. Tapi ini di udara dan menggunakan drone. Saya baru pertama melihat perlombaan seperti ini, dikendalikan dengan remote kontrol oleh para ahli-ahli drone luar negeri,” ujar Rian, salah seorang wisatawan lokal.

Pantauan di lokasi event drone race ini memang cukup berbeda dan asing bagi kaum awam khususnya di Bintan. Lantaran event ini merupakan pertama kalinya dihelat di Bintan Sirkuit yang disiapkan seluas lapangan sepak bola. Sirkuit tersebut dilengkapi dengan beragam rintangan yang harus dilalui oleh drone yang terbang dengan kecepatan tinggi.

Para pilot mengendalikan drone dari podium yang disiapkan, lengkap dengan kacamata khusus yang terkoneksi langsung dengan drone. Para penonton juga disiapkan tempat khusus yang dibatasi dengan jaring yang cukup tinggi. Hal itu untuk mengantisipasi cidera jika sewaktu-waktu drone keluar dari lintasan.

Ketua Panitia Drone Race Competition Dennis Torio mengatakan, event semacam ini sudah sangat familiar di berbagai negara tetangga seperti Singapura, Brunai Darusaalam ataupun Malaysia.

Perwakilan dari PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) ini mengaku pihaknya cukup bangga bisa menyelenggarakan event internasional tersebut di kawasan Lagoi, milik PT BRC. Terlebih event drone race internasional ini merupakan event perdana yang digelar di Indonesia.

“Kita bangga, karena Bintan bisa menjadi tuan rumah, dan menjadi salah satu rangkaian dalam perhelatan Wonderful Sail to Bintan 2018,” ujarnya.

Dennis mengatakan, para peserta yang ikut lomba balap drone tak hanya dari Indonesia melainkan dari beberapa negara seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura dn Korea.

“Ada puluhan drone yang ikut dalam kompetisi dengan berbagai ajang dan kelas yang diperlombakan,” terangnya.

Dia berharap event drone tersebut dapat berdampak terhadap peningkatan pariwisata di Bintan. Menurut dia pecinta drone di Bintan sudah cukup banyak sehingga olahraga tersebut bisa terus dikembangkan.

Selain Drone Race Competition, berbagai kegiatan lainnya juga diselenggarakan untuk memeriahkan Wonderful Sail to Bintan 2018. Salah satunya parade jetski di Pantai Lagoi Bay yang diikuti berbagai negara. Bahkan pengunjung juga bisa menjajal jetski gratis dengan pendampingan instruktur.

Ditemui terpisah, Deputi II Bidang Pemasaran dan Pengembangan Kementerian Pariwisata Irfan Faisal mengatakan, Wonderful Sail to Bintan merupakan agenda wisata yang harus dikembangkan dan dilakukan dengan berkelanjutan.

“Sejak awal Wonderful Sail to Bintan merupakan salah satu gagasan Kementerian Pariwisata dan saat ini telah memasuki tahun ke tiga. Harus terus dikembangkan, dengan beragam event. Apalagi Bintan merupakan salah satu penyumbang kunjungan wisman terbesar kedua di Kepri setelah Batam,” kata dia.

novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com