SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dua Caleg Bermasalah Dilaporkan

  • Reporter:
  • Jumat, 24 Agustus 2018 | 10:32
  • Dibaca : 270 kali
Dua Caleg Bermasalah Dilaporkan
ilustrasi

KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun menerima dua laporan terkait Calon Legislatif (Caleg) bermasalah. Laporan itu berasal dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karimun pada akhir ditutupnya masa penerimaan tanggapan masyarakat terhadap peserta pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko mengatakan, setelah dibuka sejak 12 – 21 Agustus kemarin, KPU Karimun tidak menerima laporan dari masyarakat terkait caleg bermasalah. Namun, pada hari terakhir, dua Caleg dilaporkan Bawaslu karena dianggap tidak memenuhi persyaratan pencalonan.

“Dari masyarakat tidak ada laporan, tetapi dari Bawaslu Kabupaten memasukkan dua nama Caleg dianggap bermasalah,” ujar Eko dihubungi Kamis (23/8).

Dua Caleg itu dilaporkan karena dianggap tidak memenuhi syarat. Selanjutnya, pihak KPU Karimun akan meminta klarifikasi dari Partai Politik (Parpol) terkait untuk menjelaskan masalah tersebut.

“Kita meminta klarifikasi dari parpol sampai tanggal 28 Agustus mendatang. Adapun dua Caleg dilaporkan itu dari Hanura dan Nasdem,” katanya.

Terkait pelaporan itu, Ketua Bawaslu Karimun Nurhidayat mengatakan, laporan yang dilontarkan Bawaslu kepada KPU terhadap dua Caleg tersebut dikarenakan mereka tidak memenuhi persyaratan pencalonan.

Salah satu Caleg tidak melampirkan surat pengunduran diri dari tugasnya sebagai honorer Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun dan satu caleg lainnya merupakan istri dari seorang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Dayat mengatakan, dalam ketentuannya menurut peraturan Perundang- undangan, Peraturan KPU, Peraturan Bawaslu dan DKPP, Caleg yang memiliki anggota keluarga di salah satu penyelenggara pemilu tidak harus berhenti. Melainkan harus mengumumkan status pencalonan tersebut dalam pleno terbuka dan menyatakan tetap independen dalam penyelenggaraan pemilu.

“Nanti itu tunggu proses dari KPU terkait klarifikasinya,” kata dia.

ricky robiansyah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com