SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dua Desa di Bintan Terbaik Nasional 2018

  • Reporter:
  • Jumat, 30 November 2018 | 09:38
  • Dibaca : 117 kali
Dua Desa di Bintan Terbaik Nasional 2018
Bupati Bintan Apri Sujadi. F humas Pemkab Bintan

BINTAN – Sebanyak dua desa di Bintan yakni Desa Sebong Lagoi Kecamatan Teluk Sebong dan Desa Toapaya Selatan Kecamatan Toapaya, menjadi bagian dari beberapa desa terbaik se-Indonesia.

Hal tersebut dinilai berdasarkan kategori di antaranya melalui pengukuran Indeks Desa Membangun (IDM) yang dilakukan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan, Ronny Kartika mengatakan, dua desa tersebut merupakan perwakilan desa di Provinsi Kepri yang meraih penghargaan bergengsi tersebut.

“Penilaiannya terdiri atas beberapa kriteria, mulai dari ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan juga ketahanan lingkungan. Desa Sebong Lagoi dan Desa Toapaya Selatan telah memenuhi semua kriteria tersebut,” ujarnya, Rabu (28/11).

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, Kabupaten Bintan terus membina kepala desa dan aparatur desa dalam pemanfaatan anggaran dana desa untuk kemajuan desa tersebut. Ia mengatakan, saat ini Kabupaten Bintan memiliki 36 desa dengan alokasi anggaran desa tahun 2018 mencapai Rp83,978 milar.

“Ini kabar gembira bagi kita, yang mana tahun 2018 ini, ada dua desa di Kabupaten Bintan kembali menjadi desa terbaik tingkat nasional. Namun, beberapa hal yang penting adalah bagaimana kepala desa dan aparatur desa mampu memanfaatkan anggaran desa yang sudah dialokasikan bagi kemajuan desa itu sendiri,” ujarnya.

Dirinya juga sudah menegaskan agar kiranya tiap kepala desa dan aparatur desa mampu mengindentifikasi beberapa poin yang harus diperhatikan dalam penggunaan anggaran dana desa, di antaranya regulasi dan kelembagaan, tata cara pelaksanaan, pengawasan, serta kualitas dan integritas SDM yang mengurus dana desa.

novel m sinaga

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com